Diskripsi hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 5 Malang pada materi persamaan kuadrat dengan menggunakan metode accelerated learning / Suci Yuniarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Diskripsi hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 5 Malang pada materi persamaan kuadrat dengan menggunakan metode accelerated learning / Suci Yuniarti

Yuniarti, Suci (2010) Diskripsi hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 5 Malang pada materi persamaan kuadrat dengan menggunakan metode accelerated learning / Suci Yuniarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yuniarti Suci. 2008. Deskripsi Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Malang Pada Materi Persamaan Kuadrat dengan Menggunakan Metode Accelerated Learning . Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Dwiyana M.Pd. (2) Drs. Eddy Budiono M.Pd. Kata kunci pembelajaran hasil belajar persamaan kuadrat metode accelerated learning. Salah satu penyebab kesulitan belajar yang dialami oleh siswa pada materi persamaan kuadrat adalah belum dilibatkannya siswa secara maksimal dalam pembelajaran yang dilakukan di kelas. Hal ini menyebabkan kecenderungan siswa untuk belajar dengan hafalan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada materi persamaan kuadrat dengan metode accelerated learning. Metode accelerated learning adalah suatu metode belajar yang memungkinkan siswa dapat belajar secara alamiah dengan melibatkan seluruh tubuh dan pikiran untuk berinteraksi dengan orang lain dan dunia luar sehingga dapat merangsang siswa untuk belajar lebih cepat efektif dan menyenangkan. Pembelajaran persamaan kuadrat dengan metode accelerated learning terdiri dari empat tahap yaitu (1) tahap persiapan yang meliputi langkah motivating your mind (memotivasi pikiran) dan acquiring the information (memperoleh informasi) (2) tahap penyampaian yang meliputi langkah searching out the meaning (menyelidiki makna) (3) tahap pelatihan yang meliputi langkah triggering the memory (memicu memori) serta (4) tahap penampilan yang meliputi langkah exhibiting what you know (memamerkan apa yang anda ketahui) dan reflecting how you ve learned (merefleksi bagaimana anda belajar). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 5 Malang. Subyek penelitian dipilih empat siswa di kelas X-3. Dari hasil penelitian ini terungkap bahwa siswa yang menjadi subyek penelitian mencapai ketuntasan sebesar 79 58% pada indikator yang diberikan. Indikator tersebut meliputi (a) jika diberikan siswa dapat mengubahnya menjadi dimana (b) jika diberikan siswa dapat mengubahnya menjadi (c) jika diberikan siswa dapat menggunakan nilai diskriminan untuk menentukan jenis akar persamaan kuadrat tersebut (d) jika diberikan merupakan akar-akar suatu persamaan kuadrat siswa dapat menentukan persamaan kuadrat yang dimaksud dan (e) jika diberikan permasalahan dalam matematika mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan kuadrat siswa dapat menyelesaikannya. Hal ini berarti ada perbedaan sebesar 4 58% dibandingkan dengan ketuntasan minimal yang ditetapkan oleh sekolah. Selain itu terungkap juga respon positif siswa terhadap pembelajaran persamaan kuadrat dengan menggunakan metode accelerated learning. ABSTRACT Yuniarti Suci. 2008. Description of Students Learning Achievement of Grade X of SMA Negeri 5 Malang in Quadratic Equation Using Accelerated Learning Method . Thesis Mathematics Department Faculty of Mathematics and Science State University of Malang. Advisor (1) Drs. Dwiyana M.Pd. (2) Drs. Eddy Budiono M.Pd. Key words learning learning achievement quadratic equation accelerated learning method One cause of students difficulties in understanding quadratic equation in class is the absence of optimum students involvement. That is why students use to learn it by memorizing. The objective of this research is to describe students learning achievement on quadratic equation specifically using accelerated learning method. The accelerated learning method is a learning method that enabling students to learn naturally by employing all their bodies and minds to interact with other people and their outer world so that they can encourage to learn faster more effective and enjoyable. Learning about quadratic equation using accelerated learning method consist of four steps i.e. (1) the preparation step which are consist of mind motivating and information acquisition (2) the presentation step which consist of searching of the meaning (3) the practice step which consist of memory triggering and (4) the performance step which are consist of knowledge exhibition and reflecting what have been learned. This study applies qualitative approach specifically descriptive research. This study is conducted at SMA Negeri 5 Malang. The subject of the research are four students of Grade X-3. Based on this study it was revealed that the subjects have mastered the learning material up to 79 58% at given indicators. Such indicators consist of (a) If is given students can change it into where (b) If is given students can change it into (c) If is given students can use discriminant value to determine type of such solutions of quadratic equation (d) If is given as solutions of a quadratic equation students can determine the intended quadratic equation and (e) If they are given problems in mathematic other subjects or daily life correlated with quadratic equation students can solve such problems. Thus there is a difference of 4 58% compare to minimum level of mastery set by the school. It is also known that students positive response toward learning about quadratic equation using accelerated learning method.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15173

Actions (login required)

View Item View Item