Analisis kesalahan konsep persamaan kuadrat, fungsi kuadrat, dan pertidaksamaan kuadrat pada buku teks matematika SMA kelas X semester I / Makrip - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan konsep persamaan kuadrat, fungsi kuadrat, dan pertidaksamaan kuadrat pada buku teks matematika SMA kelas X semester I / Makrip

Makrip (2010) Analisis kesalahan konsep persamaan kuadrat, fungsi kuadrat, dan pertidaksamaan kuadrat pada buku teks matematika SMA kelas X semester I / Makrip. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Makrip. 2008. Analisis Kesalahan Konsep Persamaan Kuadrat Fungsi Kuadrat dan Pertidaksamaan Kuadrat pada Buku Teks Matematika SMA Kelas X Semester I. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Muchtar Abdul Karim M.A. (II) Drs. Erry Hidayanto M.Si. Kata kunci kesalahan konsep persamaan kuadrat fungsi kuadrat pertidaksamaan kuadrat buku teks. Salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan pembelajaran matematika di sekolah adalah kualitas buku teks matematika yang digunakan. Dari beberapa penelitian terungkap bahwa buku teks-buku teks yang beredar selama ini memiliki beberapa kekurangan diantaranya isi yang kurang urutan materi yang tidak sesuai dengan kurikulum ada penggunaan konsep yang tidak konsisten terdapat bahasan yang berulang memuat kekeliruan pengungkapan objek matematika dan kekeliruan strategi penyajian materi. Haffan memukan banyak kesalahan dalam memahami suatu konsep matematika (miskonsepsi) yaitu pada subpokok bahasan persamaan kuadrat pangkat rasional dan bentuk akar. Pada awal penelitian ini penulis mendapatkan 3 buku teks matematika SMA kelax X semester I yaitu EL DKM ES TS dan YD. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan konsep persamaan kuadrat fungsi kuadrat dan pertidaksamaan kuadrat pada buku teks matematika SMA kelas X semester I. Kekeliruan pengungkapan konsep matematika dalam hal ini adalah ketidaktepatan konsep pada buku teks dengan konsep yang sebenarnya. Kegiatan utama penelitian ini adalah menganalisis isi buku teks dalam hal pengungkapan kesalahan konsep persamaan kuadrat fungsi kuadrat dan pertidaksamaan kuadrat. Analisis isi adalah suatu cara penelitian untuk memeriksa isi dokumen secara objektif dan sistematis. Dari pengkajian yang dilakukan banyak kesalahan konsep pada masing-masing buku teks yaitu EL sebanyak 24 data dengan rincian Kesalahan Jenis 1 sebanyak 1 data Kesalahan Jenis 2 sebanyak 5 data Kesalahan Jenis 3 sebanyak 1 data Kesalahan Jenis 4 sebanyak 7 data dan Kesalahan Jenis 5 sebanyak 1 data DKM sebanyak 17 data dengan rincian Kesalahan Jenis 2 sebanyak 9 data Kesalahan Jenis 4 sebanyak 9 data dan Kesalahan Jenis 5 sebanyak 1 data ES sebanyak 15 data dengan rincian Kesalahan Jenis 1 sebanyak 1 data Kesalahan Jenis 2 sebanyak 3 data dan Kesalahan Jenis 4 sebanyak 5 data TS sebanyak 14 data dengan rincian Kesalahan Jenis 1 sebanyak 1 data Kesalahan Jenis 2 sebanyak 4 data Kesalahan Jenis 3 sebanyak 1 data Kesalahan Jenis 4 sebanyak 8 data dan Kesalahan Jenis 5 sebanyak 2 data dan YD sebanyak 9 data dengan rincian Kesalahan Jenis 2 sebanyak 3 data Kesalahan Jenis 4 sebanyak 3 data dan Kesalahan Jenis 5 sebanyak 3 data. Berdasarkan hasil pengkajian ini ditemukan kesalahan konsep persamaan kuadrat fungsi kuadrat dan pertidaksamaan kuadrat pada buku teks matematika SMA kelas X semester I. Saran-saran yang dapat diberikan yaitu pertama bagi guru agar memeriksa terlebih dahulu konsep-konsep dalam buku-buku teks yang akan dijadikan sebagai rujukan untuk memberikan bimbingan kepada siswa kedua bagi siswa agar dalam memilih buku teks siswa dapat mengetahui mana buku yang bagus dan mana buku yang kurang bagus dan ketiga diharapkan kepada peneliti selanjutnya untuk mengkaji aspek-aspek yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15172

Actions (login required)

View Item View Item