Pengaruh pembelajaran matematika dengan pendekatan problem posing terhadap prestasi matematika untuk siswa kelas VIII MTs. Nurul Islam Kota Kediri / Aviani Purnamasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran matematika dengan pendekatan problem posing terhadap prestasi matematika untuk siswa kelas VIII MTs. Nurul Islam Kota Kediri / Aviani Purnamasari

Purnamasari, Aviani (2009) Pengaruh pembelajaran matematika dengan pendekatan problem posing terhadap prestasi matematika untuk siswa kelas VIII MTs. Nurul Islam Kota Kediri / Aviani Purnamasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purnamasari Aviani. 2008. Pengaruh pembelajaran dengan pendekatan problem posing terhadap prestasi matematika untuk siswa kelas VIII MTs. Nurul Islam Kota Kediri. Skripsi Program Sarjana Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof.Dr.H.Akbar Sutawidjaja M. Ed (2) Dra. Tri Hapsari Utami M. Pd. Kata-kata kunci Pembelajaran Problem Posing Prestasi Belajar. Dalam dunia pendidikan terutama pendidikan di Indonesia khususnya untuk bidang studi matematika di sekolah perlu terus ditingkatkan pembelajarannya. Oleh karena itu perlu adanya upaya dari berbagai pihak terutama guru dan pendidik untuk selalu mengembangkan rencana dan pembelajaran matematika agar pembelajaran matematika lebih berkualitas. Salah satu solusi pembelajaran adalah pembelajaran dengan pendekatan problem posing (merumuskan soal). Untuk melihat keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan problem posing maka dirumuskan masalah penelitian yaitu Apakah prestasi belajar matematika siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan problem posing lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran tanpa pendekatan problem posing . Untuk menjawab masalah ini dilakukan penelitian dengan rancangan eksperimen yang dilaksanakan di MTs. Nurul Islam Kota Kediri. Berdasarkan rumusan hipotesis maka data dalam penelitian ini akan dianalisis dan diuji dengan menggunakan uji-t (uji beda) dan uji korelasi. Sebelum data dianalisis dan menguji hipotesis yang diajukan terlebih dahulu akan dilakukan pengujian prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Subyek penelitian ini dilakukan dengan memilih dua kelas dari empat kelas yang pada semester sebelumnya diajar oleh guru yang sama dan memiliki nilai rata-rata yang sama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan problem posing memiliki pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar siswa. Skor rerata empiris pada kelompok kontrol skor tertinggi 86 67 rerata 69 8890 dan skor tertinggi pada kelompok eksperimen 88 33 rerata 74 4997. Hasil perolehan prestasi kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15171

Actions (login required)

View Item View Item