Penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Tamansiswa Malang / Septian Nurhijjah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Tamansiswa Malang / Septian Nurhijjah

Nurhijjah, Septian (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Tamansiswa Malang / Septian Nurhijjah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurhijjah Septian. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Tamansiswa Malang. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwiyana M.Pd (II) Dra. Tri Hapsari Utami M.Pd. Kata kunci tipe TAI keaktifan hasil belajar Pada setiap pembelajaran setiap siswa memasuki kelas dengan pengetahuan kemampuan dan motivasi yang beragam. Ketika guru melakukan proses pembelajaran kepada kelompok ada sebagian siswa tidak memiliki cukup pengetahuan awal yang sesuai untuk mempelajari materi baru tersebut. Oleh karena itu siswa tidak akan mampu mempelajari materi itu. Setiap siswa mempunyai kecepatan belajar yang berbeda. Pemberian tindakan yang sama dalam pembelajaran dengan karakteristik siswa seperti ini akan merugikan siswa. Siswa dengan kecepatan belajar cepat akan banyak membuang-buang waktu karena harus menunggu siswa dengan kecepatan belajar lebih lambat. Sedangkan siswa dengan kecepatan belajar lambat akan mendapatkan kesulitan selama pembelajaran karena harus mengikuti siswa dengan kecepatan belajar cepat. Untuk menyelesaikan permasalahan ini peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif TAI (Team Assisted Individualuzation) yang dikembangkan oleh Slavin yang mengkombinasikan keunggulan pembelajaran kooperatif dan pembelajaran individual. Model pembelajaran ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan keaktifan maupun hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Tamansiswa Malang. Penelitian ini dilakukan di SMP Tamansiswa Malang tanggal 2 September sampai 14 Oktober 2009. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-D SMP Tamansiswa Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari siklus 1 dan siklus 2. Tingkat keberhasilan dapat dilihat dengan mengamati peningkatan yang diperoleh dari siklus 1 ke siklus 2. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keaktifan siswa adalah lembar observasi keaktifan. Sedangkan untuk mengukur hasil belajar siswa digunakan tes di akhir siklus. Dari hasil penelitian ini didapatkan peningkatan keaktifan sebesar 30 85%. Selain itu terjadi pula peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dari peningkatan banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah sebesar 23 81%. Sehingga dari hasil tersebut disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Tamansiswa yang dilaksanakan melalui 8 tahapan pembelajaran yaitu Placement Test Teams Student Creative Teaching Group Team Study Whole Class Units Fact Test dan Team Score and Team Recognitions.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15164

Actions (login required)

View Item View Item