Penerapan model pembelajaran matematika dengan pendekatan investigasi untuk mengembangkan kemampuan berfikir kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Malang / Helina Nur Rahmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran matematika dengan pendekatan investigasi untuk mengembangkan kemampuan berfikir kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Malang / Helina Nur Rahmi

Rahmi, Helina Nur (2010) Penerapan model pembelajaran matematika dengan pendekatan investigasi untuk mengembangkan kemampuan berfikir kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Malang / Helina Nur Rahmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmi Helina Nur. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Investigasi Untuk Mengembangkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Malang . Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Ir. H. Herutomo M.Pd. (2) Drs. Eddy Budiono M.Pd. Kata kunci Model Pembelajaran Matematika Pendekatan Investigasi Berfikir Kreatif Kreativitas setiap individu perlu dikembangkan. Karena kreativitas mempengaruhi kemajuan suatu negara selain itu kreativitas juga memberi dampak positif bagi kehidupan individu itu sendiri. Kreativitas bukan bawaan lahir tapi bisa dilatihkan. Guru sebagai pendidik harus mengembangkan pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berfikir kreatif siswa. Pembelajaran matematika dengan pendekatan investigasi perlu dikembangkan untuk mengembangkan kemampuan berfikir kreatif siswa karena dengan pendekatan ini siswa dituntut untuk aktif dan berfikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran matematika dengan pendekatan investigasi dan mengetahui kemampuan berfikir kreatif siswa setelah penerapan model pembelajaran dengan pendekatan investigasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 20 Malang dengan subjek penelitian 7 orang siswa dari 39 siswa kelas VIII H SMP Negeri 20 Malang tahun 2009/2010. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes wawancara observasi selama pembelajaran catatan lapangan dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahawa penerapan model pembelajaran matematika dengan pendekatan investigasi dilakukan melalui tahap-tahap berikut. Pembelajaran diawali dengan pembentukan kelompok. (1) tahap pengelompokan yaitu tahap mengidentifikasi topik yang akan diinvestigasi dan pembentukan kelompok investigasi. (2) tahap perencanaan yaitu tahap dengan siswa bersamasama merencanakan tentang apa yang mereka pelajari bagaimana mereka belajaran dan apa tujuan dari pembelajaran itu. (3) tahap penyelidikan yaitu tahap pelaksanaan proyek investigasi siswa. (4) tahap pengorganisasian yaitu tahap mempersiapkan laporan akhir untuk selanjutnya dipresentasikan di depan kelas. (5) tahap presentasi yaitu wakil anggota kelompok mempresentasikan hasil investigasinya. (6) tahap evaluasi yaitu tahap penilaian proses kerja dan hasil proyek siswa. Hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan pendekatan investigasi ini baik. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata kelas siswa setelah diberi tes yaitu 75 25 dan 79 23 yang di atas SKM yaitu 75. Kemampuan berfikir kreatif siswa setelah melaksanakan pembelajaran ini tergolong kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian disarankan model pembelajaran ini digunakan oleh guru karena model pembelajaran ini mudah digunakan dan tidak membutuhkan fasilitas yang kompleks.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15163

Actions (login required)

View Item View Item