Pembelajaran persamaan garis lurus dengan berpijak pada problem solving model Polya di kelas VIII SMPN 20 Malang / Diah Nuraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran persamaan garis lurus dengan berpijak pada problem solving model Polya di kelas VIII SMPN 20 Malang / Diah Nuraini

Nuraini, Diah (2010) Pembelajaran persamaan garis lurus dengan berpijak pada problem solving model Polya di kelas VIII SMPN 20 Malang / Diah Nuraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nuraini Diah. 2009. Pembelajaran Persamaan Garis Lurus dengan Berpijak pada Problem Solving Model Polya di Kelas VIII SMP Negeri 20 Malang . Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd (2) Drs. Dwiyana M.Pd. Kata kunci Pembelajaran Persamaan Garis Lurus Problem Solving Model Polya Dalam kegiatan pembelajaran di kelas sistem pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 20 Malang masih didominasi oleh pembelajaran konvensional dengan metode ceramah dan tanya jawab. Hal tersebut dilakukan dengan cara memberikan semacam LKS dan meminta siswa secara mandiri mengerjakannya. Metode tersebut sudah baik untuk diterapkan. Tetapi pada kenyataannya masih ada siswa yang bingung ketika pelaksanaan pembelajaran. Sehingga siswa tersebut merasa sulit untuk memahami materi matematika terutama pada materi persamaan garis lurus yaitu menggambar grafik dan menentukan persamaan garis lurus. Hasil yang diperolehpun juga belum memuaskan. Hal itu mungkin dikarenakan pembelajaran yang dilakukan bisa dikatakan hanya latihan. Untuk mengatasi hal itu diperlukan suatu perubahan dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu pembelajaran yang dapat digunakan adalah pembelajaran problem solving model Polya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pembelajaran persamaan garis lurus dengan berpijak pada problem solving model Polya di kelas VIII SMP Negeri 20 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 20 Malang dengan subjek penelitian yaitu 40 siswa kelas VIII G SMP Negeri 20 Malang tahun 2008/2009. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi selama pembelajaran catatan lapangan tes dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran persamaan garis lurus dengan berpijak pada problem solving model Polya di kelas VIII SMP Negeri 20 Malang dilakukan melalui langkah-langkah berikut. (1) Tahap memahami masalah. (2) membuat rencana. (3) melaksanakan rencana. (4) melihat kembali Pembelajaran dilakukan dengan berkelompok. Pembelajaran persamaan garis lurus dengan berpijak pada problem solving model Polya di kelas VIII SMP Negeri 20 Malang menunjukkan hasil yang positif yaitu dari aktivitas siswa yang tergolong baik dan hasil nilai rata-rata kelas siswa setelah diberi tes yaitu 72 26 dan 77 33. Berdasarkan hasil penelitian disarankan sebaiknya pembelajaran persamaan garis lurus dengan berpijak pada problem solving model Polya di kelas VIII dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran karena menunjukkan hasil yang positif. Selain itu penentuan masalah yang digunakan dalam pembelajaran sangat menentukan keterlaksanaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15162

Actions (login required)

View Item View Item