PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERACTIVE WHITEBOARD UNTUK ANAK USIA DINI BERLATIH MOTORIK HALUS MELALUI BELAJAR MENULIS HURUF - Repositori Universitas Negeri Malang

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERACTIVE WHITEBOARD UNTUK ANAK USIA DINI BERLATIH MOTORIK HALUS MELALUI BELAJAR MENULIS HURUF

Soepriyanto, Yerry and K, Achmad Abrori Prawiro and Toenlioe, Anselmus JE (2017) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERACTIVE WHITEBOARD UNTUK ANAK USIA DINI BERLATIH MOTORIK HALUS MELALUI BELAJAR MENULIS HURUF. In: SEMINAR NASIONAL PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN 15 JULI 2017, 15 JULI 2017, Banjarmasin.

[img] Text
Prosiding-2017-Yerry-SEMNASTEP-ULM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk multimedia Interactive WhiteBoard (IWB) yang layak sebagai alat untuk berlatih motorik halus anak usia dini melalui belajar menulis huruf. Teknologi IWB yang digunakan adalah rancangan dari Johnny Chung Lee yang terdiri dari LCD projector, BlueTooth dongle, WII-mote, komputer serta papan penampil. Pengembangan menggunakan model yang diadaptasi dari Borg-Gall. Model pengembangan terdiri dari tujuh tahap, akan tetapi dalam pengembangan ini hanya sampai pada tahap revisi produk utama atau tahap kelima. Hasil pengujian lapangan awal dari ahli media maupun ahli materi menunjukkan bahwa multimedia valid dan layak digunakan untuk berlatih motorik halus melalui belajar menulis huruf. Sedangkan dari hasil pengamatan anak-anak yang berlatih motorik halus dengan belajar menulis huruf pada multimedia IWB ini menunjukkan bahwa segi kemenarikannya tinggi meskipun dari segi kelancaran, kemudahan serta keamanan penggunaan di kelas masih belum bisa terpenuhi. Kata Kunci: Multimedia, Interactive WhiteBoard, belajar menulis huruf, IWB rancangan Johnny Chung Lee

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Laporan Karya Ilmiah FIP
Depositing User: Library UM
Date Deposited: 04 Jul 2022 03:44
Last Modified: 04 Jul 2022 03:44
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1516

Actions (login required)

View Item View Item