Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw pada pokok bahasan sifat khusus fungsi dan sifat fungsi komposisi bagi siswa SMAN 7 Malang / Ikatwaty Nur Hartiningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw pada pokok bahasan sifat khusus fungsi dan sifat fungsi komposisi bagi siswa SMAN 7 Malang / Ikatwaty Nur Hartiningrum

Hartiningrum, Ikatwaty Nur (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw pada pokok bahasan sifat khusus fungsi dan sifat fungsi komposisi bagi siswa SMAN 7 Malang / Ikatwaty Nur Hartiningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hartiningrum Ikatwaty Nur 2008. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Pada Pokok Bahasan Sifat Khusus Fungsi dan Sifat Fungsi Komposisi Bagi Siswa SMAN 7 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Etty Tedjo Dwi C M. Pd (II) Drs. Eddy Budiono M. Pd Kata-kata kunci Pembelajaran Kooperatif Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Salah satu usaha mencapai pengembangan kemampuan menggunakan matematika dalam pemecahan masalah dan mengkomunikasikan ide atau gagasan dengan menggunakan media matematika adalah dengan pembelajaran yang menuntut siswa aktif kerja keras dan kemandirian. Dalam hal ini pembelajaran yang sesuai adalah pembelajaran kooperatif. Alasan mengapa pembelajaran kooperatif model Jigsaw dipilih dan diterapkan di SMAN 7 Malang adalah (1) berdasarkan informasi dan hasil observasi pembelajaran jigsaw belum pernah diterapkan khususnya dalam matematika dan (2) terdapat perbedaan tingkat prestasi matematika siswa dan perbedaaan kemampuan siswa dalam menerima materi . Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan dan respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif model jigsaw mata pelajaran matematika pada pokok bahasan sifat khusus fungsi dan sifat fungsi komposisi di SMAN 7 Malang dengan subyek penelitian kelas XI IPA 2 yang terdiri atas 42 siswa. Tahapan tahapan pembelajaran kooperatif model jigsaw telah diterapkan di kelas tersebut di atas dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari aktifnya semua siswa dalam melaksanakan diskusi baik diskusi kelompok asal maupun kelompok ahli. Siswa tidak malu bertanya pada anggota kelompoknya dan juga tidak segan-segan memberikan penjelasan pada anggota kelompoknya yang belum mengerti. Hal ini dikarenakan kelompok yang terbentuk adalah kelompok yang heterogen dalam hal kemampuan akademik. Pemberian masalah yang berbeda yang disajikan dalam bentuk LKS dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan motivasi siswa untuk menguasai masalah lain yang dimiliki anggota kelompok asalnya setelah berdiskusi dalam kelompok ahli masing-masing sehingga diskusi tampak sangat menarik. Hal ini juga dikarenakan pemberian penghargaan pada kelompok terbaik dan pengadaan kuis di akhir diskusi. Dengan penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw dalam pembelajaran materi sifat khusus fungsi dan sifat fungsi komposisi menunjukkan bahwa siswa dapat menguasai materi tersebut dengan baik. Hal ini terlihat dari hasil kuis yang diberikan diakhir diskusi menunjukkan bahwa persentase penguasaan siswa lebih dari 85% atau termasuk kriteria penguasaan sangat baik. Selain itu respon siswa menunjukkan bahwa dengan menyelesaikan masalah dalam berkelompok mendorong siswa ikut mengungkapkan ide-ide mereka dan mereka tidak tegang mengikuti pembelajaran model jigsaw. Hal ini menunjukkan bahwa siswa merasa senang dengan diterapkannya pembelajaran kooperatif model jigsaw pada pokok bahasan sifat khusus fungsi dan sifat fungsi komposisi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15157

Actions (login required)

View Item View Item