Pembelajaran kooperatif model student teams achievement division (STAD) untuk membantu siswa memahami matriks pada siswa kelas X SMK Negeri 11 Malang / Pipin Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran kooperatif model student teams achievement division (STAD) untuk membantu siswa memahami matriks pada siswa kelas X SMK Negeri 11 Malang / Pipin Rahmawati

Rahmawati, Pipin (2009) Pembelajaran kooperatif model student teams achievement division (STAD) untuk membantu siswa memahami matriks pada siswa kelas X SMK Negeri 11 Malang / Pipin Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran matematika pada pelaksanaannya dapat diterapkan pada berbagai macam model pembelajaran. Menurut Vygotsky (dalam Karuru (2003)) implikasi utama dalam pembelajaran menghendaki setting kelas berbentuk pembelajaran kooperatif dengan siswa saling berinteraksi dan saling memunculkan strategi-strategi pemecahan masalah yang efektif pada masing-masing zona perkembangan terdekat mereka. Salah satu model kooperatif yang dipandang sebagai model yang paling sederhana dan langsung adalah STAD. Selain itu STAD dapat membantu siswa untuk menumbuhkan kerjasama berpikir kritis dan mengembangkan sikap sosial siswa. Berdasarkan hasil observasi pembelajaran di SMK Negeri 11 Malang masih bersifat konvensional siswa masih pasif dalam pembelajaran dan kurang dapat berpikir kritis serta siswa kurang dapat mengembangkan sikap sosialnya. Oleh karena itu peneliti ingin mengadakan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran STAD pada siswa kelas X SMK Negeri 11 Malang karena pembelajaran tersebut belum pernah diterapkan di SMK tersebut. Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk menyusun skenario pembelajaran kooperatif model STAD yang dapat membantu siswa memahami matriks serta mengetahui respon siswa terhadap penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD tersebut. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah 31 orang siswa kelas XMO-1 SMK Negeri 11 Malang. 31 orang tesebut dikelompokkan menjadi 6 kelompok dan 5 dari 6 kelompok tersebut terdiri dari 1 siswa berkemampuan tinggi 2 siswa berkemampuan sedang dan 2 siswa berkemampuan rendah sedangkan 1 kelompok terdiri dari 2 siswa berkemampuan tinggi 2 siswa berkemampuan sedang dan 2 siswa berkemampuan rendah. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian siklus I sudah berhasil diterapkan dengan nilai rata-rata tes akhir siklus adalah 74.35 sedangkan pada siklus II nilai rata-rata tes akhir siklus adalah 75.45. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa skenario pembelajaran yang yang disusun oleh peneliti dapat membantu siswa memahami matriks. Selanjutnya berdasarkan hasil angket dan wawancara disimpulkan bahwa siswa memberikan respon positif terhadap penerapan model pembelajaran STAD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15152

Actions (login required)

View Item View Item