Pengekangan silinder beton menggunakan bentuk konvensional / Ahmad Fakhri Yuniardi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengekangan silinder beton menggunakan bentuk konvensional / Ahmad Fakhri Yuniardi

Yuniardi, Ahmad Fakhri (2019) Pengekangan silinder beton menggunakan bentuk konvensional / Ahmad Fakhri Yuniardi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Yuniardi Ahmad Fakhri. 2019. Pengekangan Silinder Beton menggunakan Bentuk Konvensional. Skripsi. Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nindyawati S.T. M.T. (II) Drs Adjib Karjanto S.T. M.T Kata Kunci Beton Baja Konvensional Pengekangan Modulus Elastisitass Kuat Tekan. Pengekangan (confinement) beton merupakan salah satu cara untuk meningkatkan elastisitas dan kuat tekan beton. Dalam hal ini terdapat perbedaan antara beton yang diberi pengekangan (confinement concrete) atau kolom bertulang dan beton tanpa pengekangan (unconfinement concrete) atau kolom tanpa tulangan. Semakin pendek jarak sengkang maka semakin tinggi kuat tekan yang dihasilkan dari beton tersebut. Suatu bangunan jika terjadi gempa akan menerima suatu gaya gempa yang dapat menimbulkan kerusakan pada struktur bangunan dan dapat berpotensi menimbulkan korban jiwa. Oleh karena itu untuk mengantisipasi hal tersebut diperlukan inovasi agar dapat mengantisipasi bahaya pada suatu bangunan itu ketika terjadi gempa. Tujuan dari penelitian iniadalah untuk mengetahui kekuatan maksimum beton ketika diberi pengekangan dengan 3 macam jarak pengekangan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode statistik deskriptif menggunakan statistik non parametrik. Dalam Penelitian ini dibuat sebanyak 3 macam jarak pengekangan baja dan 1 tanpa pengekangan menggunakan cetakan berbentuk silinder diameter 150 mm tinggi 300 mm. Tulangan yang digunakan berjumlah 4 buah sengkang yang digunakan merupakan sengkang lepas dengan bentuk persegi untuk pengujian dilakukan pada umur beton minimal 28 hari. Sekali pengujian digunakan 5 benda uji pada masing-masing variasi sehingga total keseluruhan dibutuhkan 20 benda uji berbentuk silinder. Pengujian dilakukan untuk mencari nilai kuat tekan dan modulus elastisitas beton. Dari hasil penelitian ini nilai kuat tekan beton tanpa pengekangan didapatkan hasil rata-rata sebesar 21 54 MPa dan Modulus elastisitas beton tanpa pengekangan dari hasil pengujian diperoleh rata-ratanya sebesar 150.225 73 MPa. Kuat tekan beton yang diberi pengekangan secara berurutan sebesar 32 48 MPa pada jarak sengkang 30 mm 23 46 MPa pada jarak sengkang 50 mm dan 22 44 MPa pada jarak sengkang 70 mm. Nilai rata-rata modulus elastisitas dengan variasi jarak pengekangan secara berurutan sebesar 118007 23 MPa pada jarak sengkang 30 mm 85120 59 MPa pada jarak sengkang 50 mm dan 83422 67 MPa pada jarak sengkang 70 mm. Adanya perbedaan modulus elastisitas beton dengan pengekangan baja menggunakan jarak 30mm 50mm dan 70mm. 90 % 945 10%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/151490

Actions (login required)

View Item View Item