Aplikasi logika fuzzy Sugeno untuk memprediksi nilai stabilitas dan flow Marshall pada aspal beton / Eka Dewi Ratnasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Aplikasi logika fuzzy Sugeno untuk memprediksi nilai stabilitas dan flow Marshall pada aspal beton / Eka Dewi Ratnasari

Ratnasari, Eka Dewi (2019) Aplikasi logika fuzzy Sugeno untuk memprediksi nilai stabilitas dan flow Marshall pada aspal beton / Eka Dewi Ratnasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Ratnasari Eka D. 2019. Aplikasi Logika Fuzzy Sugeno untuk Memprediksi Nilai Stabilitas dan Flow Marshall pada Aspal Beton. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Bambang Djatmiko S.T. M.T. (II) Drs. N. Bambang Revantoro S.T. M.T. Kata Kunci Logika Fuzzy Metode Sugeno Stabilitas Marshall Flow Marshall. Pada penelitian ini logika fuzzy Sugeno digunakan untuk memprediksi nilai stabilitas dan flow Marshall pada aspal beton dengan bantuan software Matlab versi 8.5.0.197613 R2015a . Penelitian ini menggunakan desain eksperimental aplikatif dan system kerja MIDO (Mutiple Input Double Output). Tujuan penelitian 1) Mendeskripsikan variabel input dan variabel output logika fuzzy Sugeno 2) Menyusun himpunan fuzzy Sugeno untuk memprediksi nilai stabilitas dan flow Marshall pada aspal beton 3) Menghitung secara manual nilai stabilitas dan flow Marshall pada aspal beton berdasarkan himpunan fuzzy Sugeno 4) Membuktikan hasil hitungan nilai stabilitas dan flow Marshall pada aspal beton dengan menggunakan aplikasi fuzzy Sugeno 5) Mengetahui validitas hasil uji stabilitas dan flow Marshall 6) Mengetahui uji simulasi menggunakan software Matlab versi 8.5.0.197613 R2015a. Hasil penelitian adalah 1) Variabel multiple input terdiri dari Agregat kasar agregat halus filler dan bitumen. Variabel double output nilai stabilitas dan flow Marshall 2) Himpunan fuzzy yang digunakan adalah himpunan variabel linguistik (minimum median maksimum) dengan fungsi keanggotaan segitiga 3) Perhitungan cara manual menggunakan 4 tahapan yaitu membuat himpunan dan input variabel aplikasi fungsi implikasi komposisi aturan dan defuzzifikasi 4) Perhitungan cara komputasi menggunakan software Matlab versi 8.5.0.197613 R2015a dengan 5 GUI toolbox fuzzy 5) Hasil validitas diperoleh a) hasil perhitungan output cara manual sama dengan output cara komputasi pada stabilitas Marshall sebesar 1280.00 kg dan flow Marshall sebesar 3.00 mm. b) Pada uji linearitas mengahasilkan nilai koefisien determinasi (R2) 0.953 0.95 untuk stabilitas Marshall dan (R2) 0.959 0.95 untuk flow Marshall. c) Pada uji beda rerata diperoleh nilai P-value untuk stabilitas Marshall sebesar 0.967 0.05 dan flow Marshalll sebesar 0.261 0.05. Oleh karena itu program dinyatakan valid dan layak digunakan 6) Hasil 5 kali simulasi aplikasi logika fuzzy Sugeno pada prediksi double output diperoleh a) jumlah presentase agregat halus dan bitumen berbading lurus dengan stabilitas dan flow Marshall b) jumlah presentase agregat kasar filler dan bitumen berbanding tebalik dengan stabilitas dan flow Marshall c) jumlah presentase agregat halus berbanding terbalik dengan agregat kasar dan bitumen apabila agregat halus minimum serta agregat kasar maksimum dan bitumen maksimum maka akan didapatkan stabilitas Marshall rendah dan nilai flow tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/151485

Actions (login required)

View Item View Item