Aplikasi logika fuzzy Sugeno untuk prediksi nilai slump dan kuat tekan beton / Fairuza Putri Prastowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Aplikasi logika fuzzy Sugeno untuk prediksi nilai slump dan kuat tekan beton / Fairuza Putri Prastowo

Prastowo, Fairuza Putri (2019) Aplikasi logika fuzzy Sugeno untuk prediksi nilai slump dan kuat tekan beton / Fairuza Putri Prastowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prastowo Fairuza P. 2019. Aplikasi Logika Fuzzy Sugeno Untuk Prediksi Nilai Slump dan Kuat Tekan Beton. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Bambang Djatmiko S.T. M.T (II) Drs. N. Bambang Revantoro S.T. M.T Kata Kunci Logika fuzzy Metode Sugeno slump beton kuat tekan beton. Salah satu faktor yang memengaruhi nilai slump dan kuat tekan beton adalah bahan-bahan penyusun beton. Pada penelitian ini logika fuzzy Sugeno digunakan untuk prediksi nilai slump dan kuat tekan beton dengan bantuan software MATLAB versi 8.5.0.197613 R2015a. Penelitian ini menggunakan desain eksperimental aplikatif dan validasi dengan sistem Multiple Input Double Output (MIDO). Tujuan penelitian 1) Mendeskripsikan variabel multiple input dan variabel double output aplikasi logika Fuzzy Sugeno 2) Menyusun himpunan Fuzzy Sugeno 3) Menghitung secara manual aplikasi logika Fuzzy Sugeno 4) Menghitung secara komputasi aplikasi logika Fuzzy Sugeno 5) Mengetahui validitas hasil nilai slump dan nilai kuat tekan beton secara manual dan komputasi 6) Mengetahui hasil simulasi aplikasi logika Fuzzy Sugeno dengan menggunakan software MATLAB versi R 8.5.0.197613 tahun 2015a Hasil dari penelitian ini adalah 1) Variabel multiple input terdiri dari semen agregat kasar agregat halus dan air. Variabel double output terdiri dari nilai slump dan kuat tekan beton. 2) Himpunan fuzzy yang digunakan adalah himpunan variabel linguistik minimum-medium-maksimum dengan fungsi keanggotaan segitiga. 3) Perhitungan cara manual dengan tahapan membuat himpunan dan multiple input variabel aplikasi fungsi implikasi komposisi aturan dan deffuzifikasi. 4) Perhitungan cara komputasi menggunakan bantuan software MATLAB R2015a. 5) Hasil validitas diperoleh a) hasil perhitungan ouput cara manual sama dengan output cara komputasi yaitu didapat nilai slump 8 75 cm dan kuat tekan 50 MPa b) uji linearitas menghasilkan nilai koefisien determinasi R2 0 967 0 95 untuk slump dan R2 0 9516 0 95 untuk kuat tekan beton c) uji beda rerata didapat P-value 0 200 0 05 untuk slump dan P-value 0 136 0 05 untuk kuat tekan beton. Maka program dinyatakan valid dan layak digunakan. 6) Simulasi aplikasi logika fuzzy Sugeno dilakukan 5 kali dengan hasil a) Jumlah semen jumlah agregat kasar jumlah agregat halus dan jumlah air berbanding lurus dengan nilai slump dan kuat tekan beton b) Jumlah semen berbanding terbalik dengan air. Apabila jumlah semen maksimum dan jumlah air minimum maka menghasilkan nilai slump minimum dan kekuatan tekan beton maksimum dan sebaliknya c) Agregat halus berbanding lurus dengan agregat kasar. Sehingga nilai slump dan kuat tekan beton akan mengalami minimum medium dan maksimum apabila agregat kasar medium dan agregat halus medium.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/151483

Actions (login required)

View Item View Item