Analisis kerugian transportasi yang disebabkan adanya on street parking (studi kasus: Jalan Arjuno Kota Malang) / Ja'far Shodiq - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kerugian transportasi yang disebabkan adanya on street parking (studi kasus: Jalan Arjuno Kota Malang) / Ja'far Shodiq

Shodiq, Ja'far (2019) Analisis kerugian transportasi yang disebabkan adanya on street parking (studi kasus: Jalan Arjuno Kota Malang) / Ja'far Shodiq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Shodiq Ja far 2019. Analisis Kerugian Transportasi yang Disebabkan Adanya On Street Parking (Studi Kasus Jalan Arjuno Kota Malang). S1 Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Sugiyanto S.T. M.T. (II) Drs. H. Bambang Supriyanto S.T. M.T. Kata Kunci kerugian transportasi on street parking Jalan Arjuno Kota Malang Aktivitas pada pusat pendidikan dan perdagangan pada jalan Arjuno mempengaruhi pergerakan lalu lintas di sekitarnya. Di jalan tersebut terdapat SMPN 8 Malang dan SD-MTs Khadijah serta pusat perbelanjaan Lai Lai dan rumah makan Illy Cafe yang menyebabkan tingginya pergerakan lalu lintas tetapi telah menyediakan lahan parkir sendiri namun tidak dapat menampung semua kendaraan karena kecilnya lahan parkir. Sehingga banyak kendaraan yang parkir di badan jalan Arjuno. Dengan adanya kendaraan yang parkir di badan jalan menyebabkan penurunan kapasitas jalan pengguna jalan mengurangi kecepatan dan terkadang berhenti karena kendaraan yang keluar masuk lahan parkir. Hal ini menyebabkan pengguna jalan mengalami waktu tempuh yang lebih lama sehingga timbul biaya eksternal (external cost) berupa penambahan biaya operasional kendaraan (BOK) dan kerugian nilai waktu. Tetapi disisi lain adanya on street parking meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari retribusi parkir yang dibayarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kerugian transportasi yang disebabkan adanya on street parking. Kerugian transportasi diperhitungkan berdasarkan besar penambahan BOK dan kerugian nilai waktu akibat kemacetan yang disebabkan adanya on street parking. Kerugian yang telah dianalisis akan dibandingkan dengan pendapatan parkir pada ruas jalan tersebut. Perhitungan BOK untuk kendaraan ringan dan kendaraan berat didasarkan pada metode Pacific Consultant International (PCI). Perhitungan BOK untuk sepeda motor didasarkan pada metode Public Transport Urban Infrastucture Project (PTS-BUIP). Perhitungan nilai waktu didasarkan pada metode pendekatan pendapatan (Income Aprroach). Metode pengumpulan data adalah dengan survei dan pengamatan langsung di lapangan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program bantu Microsoft Excel 2019. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan volume kendaraan pada ruas jalan Arjuno saat on street parking beroperasi terlalu rendah sedangkan kapasitas jalan tersebut tinggi sehingga kinerja ruas jalan Arjuno dengan adanya on street parking memiliki tingkat pelayanan jalan dengan level B. Penambahan BOK yang harus ditanggung pengguna jalan selama on street parking beroperasi sebesar Rp247.268 7/hari pada hari libur dan rata-rata sebesar Rp386.888 1/hari pada hari kerja. Kerugian nilai waktu yang dialami pengguna jalan selama on street parking beroperasi sebesar Rp2.628.536 13/hari pada hari libur dan rata-rata sebesar Rp3.948.387 49/hari pada hari kerja. Biaya kerugian total yang dialami oleh pengguna jalan Arjuno yang disebabkan adanya on street parking sebesar Rp2.875.804 83/hari pada hari libur dan rata-rata sebesar Rp4.335.275 59/hari pada hari kerja. Sedangkan pendapatan parkir sebesar Rp720.000 00/hari pada hari libur dan rata-rata sebesar Rp892.500 00/hari pada hari kerja. Dapat disimpulkan bahwa kerugian transportasi lebih besar jika dibandingkan dengan pendapatan retribusi parkir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/151479

Actions (login required)

View Item View Item