Pembelajaran yang mengacu standar NCTM untuk memahamkan siswa kelas VII SMP Laboratorium UM pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel / Siska Mariya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran yang mengacu standar NCTM untuk memahamkan siswa kelas VII SMP Laboratorium UM pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel / Siska Mariya

Mariya, Siska (2010) Pembelajaran yang mengacu standar NCTM untuk memahamkan siswa kelas VII SMP Laboratorium UM pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel / Siska Mariya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mariya Siska. 2008. Pembelajaran yang Mengacu pada Standar NCTM untuk Pokok Bahasan Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel bagi Siswa Kelas VII SMP Laboratorium UM. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. H. Akbar Sutawidjaja M.Ed. Ph.D. (2) Drs. Erry Hidayanto M. Si Kata Kunci Pembelajaran Standar Pengajaran NCTM Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Selama ini pelajaran matematika masih dianggap sebagai momok bagi siswa oleh karena itu dibutuhkan kemampuan guru untuk menyajikan pembelajaran dalam suasana yang tidak menegangkan tetapi menyenangkan serta dapat memberikan pemahaman kepada siswa sehingga matematika tidak akan dianggap sebagai momok lagi. Pembelajaran yang mengacu pada standar NCTM dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran yang dapat dilakukan oleh guru untuk dapat memahamkan siswa tentang materi yang dipelajari serta menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan serta tidak menegangkan. Menurut NCTM pembelajaran matematika perlu memiliki 4 komponen yaitu (1) tugas- tugas (2) wacana (3) lingkungan belajar (4) analisis. Penelitian difokuskan pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apa bentuk pembelajaran yang mengacu pada standar NCTM pada siswa kelas VII SMP Laboratorium UM pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel (2) Apakah pembelajaran yang mengacu pada standar NCTM tersebut dapat memahamkan siswa kelas VII SMP Laboratorium UM pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel (3) Bagaimana respon siswa kelas VII SMP Laboratorium UM terhadap pembelajaran yang mengacu pada standar NCTM tersebut Untuk menjawab pertanyaan di atas peneliti melakukan penelitian. Adapun jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Langkah-langkah pembelajaran dalam penelitian ini terdiri dari 3 tahap. Tahap awal guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran yaitu mempelajari persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Pada tahap inti guru memberikan tugas-tugas pada siswa penyelesaian tugas pengaturan lingkungan belajar dan proses analisis terhadap proses pembelajaran yang telah berlangsung. Pada tahap inti ini terjadi wacana antara guru dengan siswa siswa dengan siswa. Tahap akhir adalah pemberian tes sebagai tolak ukur untuk melihat pemahaman yang telah dicapai oleh siswa. Serta melakukan analisis pembelajaran secara keseluruhan. Pembelajaran ini belum sepenuhnya dapat memberikan pemahaman kepada siswa karena beberapa kendala diantaranya respon dari siswa yang kurang serta kurangnya alat yang digunakan dalam wacana. Selain itu pengetahuan prasyarat yang belum begitu dikuasai oleh siswa sehingga mempengaruhi proses pembentukan pengetahuan yang baru. Respon siswa terhadap pembelajaran ini positif. Siswa menyatakan senang dengan suasana pembelajaran yang menggembirakan dan tidak membuat siswa tegang. Pembelajaran yang mengacu pada standar NCTM dapat dijadikan referensi dalam kegiatan pembelajaran oleh guru. Pembelajaran ini bisa dicobakan pada materi lain pada jenjang yang sederajat atau pada sekolah lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15146

Actions (login required)

View Item View Item