Studi eksperimental beton mutu 35 MPa dengan penambahan silica fume sebagai filler / Siti Marwiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi eksperimental beton mutu 35 MPa dengan penambahan silica fume sebagai filler / Siti Marwiyah

Marwiyah, Siti (2019) Studi eksperimental beton mutu 35 MPa dengan penambahan silica fume sebagai filler / Siti Marwiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Marwiyah Siti.2019. Study Eksperimental Beton Mutu 35 MPa dengan Penambahan Silica Fume sebagai Filler. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Adjib Karjanto S.T. M.T. (II)Drs. Boedya Djatmika S.T. M.T Kata Kunci Beton 35 MPa silica fume filler Dalam bidang kontruksi teknologi berkembang dengan pesat baik dari segi desain maupun metode-metode kontruksi yang dilakukan. Material penyusun bangunan dapat berupa beton kayu dan baja. Dalam bidang kontruksi salah satu jenis material yang sering digunakan adalah beton. Beton memiliki banyak keunggulan dibanding material lain sehingga beton merupakan material yang sering digunakan dalam kontruksi. Beton dengan mutu yang baik merupakan beton yang memilikiporositas yang rendahsilica fumemerupakan material yang bersifat pozzolan dan memilik istruktur yang lebih kecil dari semen partikel tersebut dapat mengis irongga yang kosong sehingga dapat mengecilkan porositas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil nilai kuat tekan dan modulus elastisitas beton tanpa filler silica fume dan dengan filler silica fume mengetahui adakah perbedaan kuat tekan beton penambahan filler silica fume yang bervariasi dan kadar silica fume optimum yang menghasilkan nilai kuat tekan yang optimum. Dalam penelitian menggunakan metode Eksperimen dengan mutu beton yang dirancanakan sebesar f c 35 MPa. Pada penelitian ini menggunakan benda uji silinder dengan ukuran 15 cm dan 30 cm sebanyak 16 benda uji dimana setiap variasi sebanyak 4 benda uji. Variasi silica fume yang digunakan sebesar 2% 4% dan 6% sebagai variabel bebas dan kadar 0% sebagai variabel kontrol. Pengujian kuat tekan dan modulus elastisitas dilakukan pada saat umur 28 hari. Metode penelitian yang digunakan adalah analisa statistik One Way dan dilanjutkan dengan analisis Tukey. Dari hasil penelitian didapat bahwa semakin besar kadar silica fume semakin naik pula kuat tekan dan modulus elastisitasnya.Nilai kuat tekan rata- rata yang didapat dari hasil penelitian dengan variasi 0% 2% 4% 6% secara berturut- turut adalah 29 77 MPa 31 20 MPa 32 08 MPa dan 33 02 MPa. Sedangkan nilai modulus elastisitas beton untuk variasi 0% 2% 4% 6% secara berturut- turut adalah 27343 9 MPa 29046 5 MPa 30041 8 MPa dan 34071 5 MPa. Kuat tekan optimum yang didapat dari penelitian ini yaitu pada penambahan silica fume 6% yang menghasilkan nilai kuat tekan sebesar 33 02 MPa dan modulus elastisitas 34071 5 MPa. Dari hasil uji Anova yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa nilai rata- rata kuat tekan beton mengalami perbedaan tetapi tidak signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/151459

Actions (login required)

View Item View Item