Kajian sifat mekanik beton geopolimer berbasis abu terbang (fly ash) dengan rumus empiris / Danang Putra Wahyu Utama - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian sifat mekanik beton geopolimer berbasis abu terbang (fly ash) dengan rumus empiris / Danang Putra Wahyu Utama

Utama, Danang Putra Wahyu (2019) Kajian sifat mekanik beton geopolimer berbasis abu terbang (fly ash) dengan rumus empiris / Danang Putra Wahyu Utama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Utama Danang Putra Wahyu. 2019. Kajian Sifat Mekanik Beton Geopolimer Berbasis Abu Terbang (Fly Ash) Dengan Rumus Empiris. Skripsi. Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Wahyo Hendarto Yoh M.T. Pembimbing (II) Drs. Boedya Djatmika S.T. M.T Kata Kunci Beton Geopolimer Sifat Mekanik Rumus Empiris Pembangunan infrastruktur yang semakin bertambah menyebabkan pemakaian semen portland juga meningkat. Pada saat prosesamemproduksi semen portland terjadi pelepasan gas CO2 ke udara yang besarnyaasebanding dengan jumlah semen yang diproduksi. Berdasarkan hal tersebut maka ditemukanlah beton yang lebih ramah lingkungan yaitu beton geopolimer. Penelitian ini bertujuanauntuk mengetahui kuat tekan modulus elastisitas nilai konstanta rumus empiris untuk memprediksi beban hancur beton geopolimer dan mencari adakah perbedaan antara beban hancur rumus empiris dengan UTM. Komposisi campuran yang digunakan adalah 75% agregat dan 25% binder. Binder berupa 100% fly ash yang tersedia pada toko bangunan di Kota Malang. Fly ash di campur dengan alkali aktivator Na2SiO3 dan NaOH dengan rasio 2 5 1 dan molaritas NaOH 12M. Penambahanasuperplasticizer digunakan untuk meningkatkan kuat tekan dan workabilitas. Benda uji berbentuk silinder dengan ukuran 10x20 cm2auntuk pengujianakuat tekan dan 15x30 cm2 untuk pengujiana modulus elastisitas. Untuk memprediksi beban hancur menggunakan rumus empiris P K.A3/2 g dilakukan pengujian parameter fisik beton dengan data bebanahancur (P) konstanta (K) luas penampang (A) gravitasi (g) dan densitas ( 947 ). Hasil pengujian kuat tekanabeton geopolimer pada umur 28 hari sebesar 12 33 MPa dan modulus elastisitas sebesar 7491 60 MPa. Hasil pengujian beban hancur rata rata beton geopolimer dengan rumus empiris sebesar 101 21kN. Nilai konstanta (K) pada penelitian ini sebesar (K) 5000. Hasil dari perbandingan beban hancur rumus empiris dengan Universal Testing Machine (UTM) memberi kesimpulan bahwa tidak ada perbedaan antara beban hancur rumus empiris dengan beban hancur uji UTM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/151458

Actions (login required)

View Item View Item