Analisis kondisi geometrik jalan terhadap potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas (studi kasus tikungan SDN 3 Selorejo Kabupaten Blitar) / Nando Ramadhani Nur Adnan - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kondisi geometrik jalan terhadap potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas (studi kasus tikungan SDN 3 Selorejo Kabupaten Blitar) / Nando Ramadhani Nur Adnan

Adnan, Nando Ramadhani Nur (2019) Analisis kondisi geometrik jalan terhadap potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas (studi kasus tikungan SDN 3 Selorejo Kabupaten Blitar) / Nando Ramadhani Nur Adnan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adnan N.R.N. 2019. Analisis Kondisi Geometrik Jalan Terhadap Potensi Terjadinya Kecelakaan Lalu Lintas (Studi Kasus Tikungan SDN 3 Selorejo Kabupaten Blitar). Skripsi. Program Studi S1 Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Pranoto S.T. M.T. (II) Drs. Boedi Rahardjo M.Pd. M.T. Kata kunci Geometrik Jalan Tikungan Faktor Kecelakaan Lalu Lintas Kondisi geometrik jalan yang tidak sesuai dengan standar teknis perencanaan dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Kecelakaan lalu lintas sering terjadi pada daerah tikungan. Oleh sebab itu tikungan disebut sebagai daerah rawan kecelakaan. Tikungan SDN 3 Selorejo Kabupaten Blitar merupakan salah satu tikungan yang tidak memenuhi syarat perencanaan geometrik jalan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik arus lalu lintas menganalisis kondisi geometrik jalan terhadap potensi terjadinya kecelakaan dan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kecelakaan lalu lintas pada tikungan SDN 3 Selorejo Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan survei lokasi selama 4 hari. Data primer meliputi data volume lalu lintas kecepatan kendaraan perlengkapan jalan pelebaran jalan dan geometrik jalan. Data sekunder (data kecelakaan lalu lintas dan geometrik existing) diperoleh dari analisis monitoring evaluasi yang dilakukan pihak Polres Blitar dan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII. Hasil penelitian mendapatkan (1) karakteristik lalu lintas memiliki volume maksimum terjadi pada hari Senin sebesar 17221 smp/hari yang di dominasi oleh kendaraan ringan (LV) sebesar 46 13% kecepatan kendaraan rata-rata sebesar 47 95 km/jam dengan kecepatan tertinggi di dominasi oleh kendaraan bermotor (MC) yang memiliki rata-rata kecepatan sebesar 62 73 km/jam dengan kecepatan tertinggi yang pernah tercatat dalam pengamatan sebesar 87 64 km/jam dan kepadatan kendaraan tertinggi terjadi pada hari Senin sebesar 32 73 smp/km (2) kondisi geometrik jalan pada beberapa aspek perencanaan seperti nilai superelevasi existing memiliki nilai sebesar 11 50% sedangkan pada hasil perencanaan diperoleh superelevasi sebesar 9 89% lengkung peralihan existing memiliki panjang 40 meter sedangkan pada hasil perencanaan diperoleh nilai lengkung peralihan sepanjang 54 56 meter dan pelebaran jalan existing memiliki pelebaran sebesar 0 3 meter sedangkan pada hasil perencanaan diperoleh pelebaran jalan sebesar 0 7124 meter (3) faktor-faktor penyebab kecelakaan di dominasi oleh faktor manusia sebesar 57 14% dengan sebab kejadian yang sering dialami adalah kecepatan tinggi dan mengantuk faktor kendaraan sebesar 21 43% dengan sebab kejadian yang dialami karena rem blong muatan berlebih dan ban pecah sedangkan pada faktor jalan sebesar 21 43% yang selalu disebabkan oleh kemiringan jalan pada tikungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/151451

Actions (login required)

View Item View Item