Belajar kooperatif model jigsaw untuk memahami sistem persamaan linear di STMIK Pradnya Paramita Malang / Timbul Yuwono - Repositori Universitas Negeri Malang

Belajar kooperatif model jigsaw untuk memahami sistem persamaan linear di STMIK Pradnya Paramita Malang / Timbul Yuwono

Yuwono, Timbul (2009) Belajar kooperatif model jigsaw untuk memahami sistem persamaan linear di STMIK Pradnya Paramita Malang / Timbul Yuwono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sistem Persamaan Linear merupakan salah satu topik penting dalam mata kuliah Aljabar Linear. Topik ini merupakan materi mendasar untuk mempelajari topik-topik selanjutnya. Pemahaman sistem persamaan linear akan membantu mahasiswa memahami topik-topik berikutnya dalam mata kuliah Aljabar Linear. Berdasarkan Pengamatan dan pengalaman peneliti mata kuliah Aljabar Linear masih dianggap sulit. Anggapan ini akan berdampak pada rendahnya motivasi belajar mahasiswa terhadap mata kuliah Aljabar Linear. Persepsi tersebut juga akan berdampak terhadap prestasi akademik mahasiswa. Salah satu topik mata kuliah Aljabar Linear adalah Sistem Persamaan Linear. Pada saat Pembelajaran Sistem Persamaan Linear di STMIK Pradnya Paramita Malang aktifitas mahasiswa cenderung pasif. Hal ini dikarenakan mahasiswa menunggu apa yang akan diajarkan dan diintruksikan pengajar. Pada saat ada ada pertanyaan mereka umumnya diam. Mereka tidak aktif dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan hal tersebut perlu dilakukan usaha untuk meningkatkan peran dan aktifitas mahasiswa dalam pembelajaran sehingga diharapkan pemahaman mahasiswa dalam bidang Sistem Persamaan linear akan meningkat. Untuk mengatasi kesulitan mahasiswa dalam memahami Sistem Persamaan Linear perlu diciptakan suatu kondisi pembelajaran yang memungkinkan mahasiswa berpartisipasi aktif sehingga diharapkan dapat memahami materi dengan baik. Cara yang dianggap tepat adalah dengan belajar kooperatif model jigsaw. Pembelajaran kooperatif model jigsaw adalah suatu model belajar yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar aktif dan saling membantu dalam menguasai materi Sistem Persamaan Linear untuk mencapai prestasi yang maksimal. Tujuan penelitian adalah mendiskripsikan belajar kooperatif model jigsaw untuk memahami Sistem Persamaan Linear mendeskripsikan kerjasama mahasiswa dalam pembelajaran Sistem Persamaan Linear dengan belajar kooperatif model jigsaw dan mendeskripsikan respon mahasiswa terhadap belajar kooperatif model jigsaw dalam pembelajaran Sistem Persamaan Linear. Data dikumpulkan melalui (1) tes (2) Observasi (3) wawancara (4) catatan lapangan dan (5) angket. Subyek penelitian adalah satu kelas dan untuk keperluan wawancara dipilih satu kelompok sebagai subsubjek. Hasil Penelitian diperoleh bahwa (1) Mahasiswa dapat memahami Sistem Persamaan Linear dengan kooperatif model jigsaw. (2) Kerjasama mahasiswa dalam pembelajaran Sistem Persamaan Linear Sangat Baik (3) Respon mahasiswa terhadap pembelajaran Sistem Persamaan Linear dengan model jigsaw sangat positif. Temuan dalam penelitian ini antara lain (1) Pemahaman maha siswa dipengaruhi lingkup lembar kegiatan belajar yang dibuat oleh pengajar. (2) Kerjasama mahasiswa dalam kegiatan belajar kelompok sangat baik karena mereka termotivasi dengan komitmen dalam kepentingan bersama hasil bersama untuk mencapai tujuan bersama (3) Respon mahasiswa terhadap pembelajaran Sistem Persamaan Linear dengan belajar kooperatif model Jigsaw sangat positif Berdasarkan hasil penelitian ini beberapa saran yang dapat dikemukakan antara lain (1) Untuk efektifitas pembelajaran harus memperhatikan kemampuan akademis mahasiswa untuk mahasiswa dengan rata-rata kemampuan tinggi sebaiknya dibuat empat kelompok ahli untuk mahasiswa dengan kemampuan heterogen sebaiknya dibuat dua kelompok ahli (2) Materi yang disusun berupa lembar kegiatan belajar atau modul sebaiknya diberikan sebelum pelaksanaan pembelajaran (3) Aktifitas diskusi mahasiswa akan meningkat bila diberi penghargaan berupa tambahan nilai mata kuliah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15145

Actions (login required)

View Item View Item