Faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas pekerja pada proyek konstruksi di Kota Malang / Muhammad Takbiratul Akbar - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas pekerja pada proyek konstruksi di Kota Malang / Muhammad Takbiratul Akbar

Akbar, Muhammad Takbirul (2019) Faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas pekerja pada proyek konstruksi di Kota Malang / Muhammad Takbiratul Akbar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nirmala Yumna. 2019. VisualisasiBuku Cerita Rakyat Dari Malang (Jawa Timur) Untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Usia 9-12 Tahun di Kota Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Pujiyanto M.Sn (II) Yon Ade Lose Hermanto S.Sn M.Sn. Kata Kunci visualisasi buku cerita rakyat malang minat baca anak. Cerita rakyat merupakan salah satu budaya yang dimiliki oleh Indonesia yang harus dijaga kelestariannya termasuk di Kota Malang. Salah satu bentuk pelestarian cerita rakyat dari Kota Malang adalah buku Cerita Rakyat dari Malang (Jawa Timur) yang ditulis Wahyudi Siswanto dan Sisbar Noersya diterbitkan oleh Grasindo pada tahun 2008. Buku ini ditujukan untuk anak-anak dewasa hingga pecinta cerita rakyat. Namun buku tersebut belum dapat menjangkau masyarakat dengan baik karena sudah tidak diproduksi lagi. Selain itu terdapat beberapa kekurangan pada buku yang terfokus pada ilustrasinya. Buku Cerita Rakyat dari Malang (Jawa Timur) hanya memiliki satu ilustrasi per cerita rakyat yang dicetak dalam tinta hitam. Gaya ilustrasi maupun goresannya terkesan dewasa dan serius sehingga tidak mencapai selera visual anak-anak. Oleh karena itu agar cerita-cerita rakyat ini dapat tersampaikan kepada masyarakat terutama anak-anak usia 9-12 tahun di Kota Malang perlu diadakan visualisasi buku yang bertujuan untuk menjangkau anak-anak sebagai generasi penerus dalam melestarikan budaya Kota Malang. Dengan visual yang menarik dan lebih tepat sasaran anak akan lebih tertarik untuk membaca buku cerita rakyat. Visualisasi buku Cerita Rakyat dari Malang (Jawa Timur) dirancang untuk mengangka cerita-cerita rakyat lokal Kota Malang yang kurang populer dari buku sumber sehingga mendapat kesempatan untukdikenal lebih luas oleh masyarakat Kota Malang terutama anak-anak. Perancangan ini ditujukan untuk anak usia 9-12 tahun di Kota Malang dengan menggunaka nmetode perancangan prosedural yang mengacu pada prosedur perancangan Bruce Archer sebagai berikut (1) latar belakang masalah (2) pengumpulan data (3) analisis (4) sintetis (5) pengembangan (6) komunikasi dan (7) desain final. Berdasarkan tujuan dan hasil pengumpulan data maka perancangan ini menghasilkan beberapa media antara lain buku ilustrasi media permainan puzzle board game berupa ular tangga pembatas buku tas x-banner dan akun di media sosial untuk membantu proses pengenalan dan penyebaran informasi tentang perancangan ini. Perancangan ini diharapkan dapat membantu melestarikan budaya lokal yang dimiliki oleh Kota Malang sekaligus menjadi salah satu cara membantu meningkatkan minat baca anak-anak usia 9-12 tahun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/151441

Actions (login required)

View Item View Item