Analisis efektivitas permodelan shearwall pada apartemen Menara Rungkut Surabaya / Mochamad Zamroni Mahfud - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis efektivitas permodelan shearwall pada apartemen Menara Rungkut Surabaya / Mochamad Zamroni Mahfud

Mahfud, Mochamad Zamroni (2019) Analisis efektivitas permodelan shearwall pada apartemen Menara Rungkut Surabaya / Mochamad Zamroni Mahfud. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mahfud Mochamad Z. 2019. Analisis Efektifitas Permodelan Shearwall pada Apartemen Menara Rungkut Surabaya. Skripsi Program Studi S1 Teknik Sipil Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nindyawati S.T. M.T. (II) Ir. Edi Santoso M.T. Kata Kunci Efektifitas Shearwall Corewall Framewall Bearingwall. Perkembangan suatu kota dapat dinilai melalui pembangunan infrastruktur yang lengkap dan nyaman. Infrastruktur tersebut membuat masyarakat dapat memenuhi ruang geraknya. Bangunan bertingkat yang terletak di tengah kota merupakan kebutuhan infrastruktur yang dinilai praktis untuk menunjang masyarakat dan dapat menghemat lahan tanpa mengurangi luas yang efektif untuk ruang gerak masyarakat. Bangunan bertingkat umumnya dirancang menjadi bangunan yang dapat menahan gempa. Bangunan bertingkat yang tahan gempa umumnya menggunakan elemen-elemen pengaku untuk menahan gaya geser yang timbul akibat beban gempa. Elemen-elemen pengaku membantu kolom untuk menahan gaya lateral cukup besar. Dinding geser merupakan elemen pengaku yang umum digunakan pada bangunan tingkat tinggi Dalam penelitian ini membahas tentang shearwall dengan menentukan 3 permodelan yaitu corewall framewall bearingwall. Analisis yang digunakan adalah analisis periode fundamental analisis geser dasar seismic analisis kekakuan analisis eksentrisitas analisis kinerja batas layan dan ultimit dan analisis simpangan. Berdasarkan hasil analisis didapatkan nilai simpangan maksimum terjadi pada konfigurasi SW 1 (Corewall) yaitu sebesar 0 25 mm Perioda fundamental yang terjadi pada Apartemen Menara Rungkut Surabaya tidak melebihi waktu ijin (Tmaks) Persentase yang terjadi pada perhitungan eksentrisitas tidak melebihi 5% Kinerja batas layan dan batas ultimit tidak perlu dilalukan redesign pada elemen struktur bangunan karena pengecekan kinerja batas layan dan kinerja batas ultimit pada semua lantai memenuhi persyaratan pemodelan Konfigurasi SW 3 (Bearingwall) merupakan konfigurasi yang paling efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/151440

Actions (login required)

View Item View Item