Studi numeris dan eksperimental tahanan geser balok beton bertulang bergradasi / Widhi Arifanda - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi numeris dan eksperimental tahanan geser balok beton bertulang bergradasi / Widhi Arifanda

Arifanda, Widhi (2019) Studi numeris dan eksperimental tahanan geser balok beton bertulang bergradasi / Widhi Arifanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Arifanda Widhi. 2019. Studi Eksperimental dan Numeris Tahanan Geser Balok Beton Bertulang Gradasi. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Karyadi M.P. M.T. (II) M. Mirza Abdillah Pratama S. T. M.T. Kata Kunci Beton Gradasi Tahanan Geser Pola Retak Studi Eksperimental Studi Numeris Beton gradasi adalah salah satu bahan paling inovatif yang menggabungkan dua atau lebih kekuatan beton yang berbeda dalam elemen bangunan untuk mengoptimalkan biaya konstruksi. Studi yang berfokus pada perilaku beton gradasi dalam kekuatan lentur telah dilakukan oleh beberapa peneliti sementara penelitian tentang perilaku geser balok beton bertulang gradasi belum dimulai. Investigasi pada perilaku geser balok beton bertulang diperlukan karena proses fabrikasi dapat menurunkan kapasitas dukung beban pada elemen. Untuk menyelidiki lebih lanjut pengujian laboratorium dan analisis numerik dilakukan dalam penelitian ini. Tiga buah balok beton bertulang dengan dimensi identik 120 x 240 x 2200 mm disiapkan dengan kekuatan beton 20 MPa 30 MPa dan 20-30 MPa. Spesimen kemudian diuji dengan menggunakan metode pembebanan dua titik dalam usia 28 hari. Satu set pengukur regangan dipasang di permukaan tulangan sengkang untuk mencatat respons regangan pada setiap beban tambahan. Untuk memvalidasi hasil spesimen juga dimodelkan dalam tiga dimensi menggunakan Abaqus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam kurva tegangan-regangan yang dihasilkan dari karya eksperimental dan simulasi model. Data numerik menunjukkan grafik linear sempurna dalam kondisi sebelum retak data eksperimental menunjukkan pola bilinear karena agregat yang saling terkait kontribusi beton saat terjadi tekan kekuatan tulangan snegkang dan aksi dowel dari tulangan longitudinal. Pada tegangan yang sama yaitu 10 MPa perbandingan benda uji dengan mutu 25 MPa antara NA1 dengan Abaqus NA memiliki selisih 28% dan antara NA2 dengan Abaqus NA memiliki selisih 9 6%. Benda uji dengan mutu 30 MPa antara NB1 dengan Abaqus NB memiliki selisih 40 32% dan antara NB2 dengan Abaqus NB memiliki selisih 40 32%. Benda uji dengan gradasi mutu antara GBA1 dengan Abaqus GBA memiliki selisih 73 61% dan GBA2 dengan Abaqus GBA memiliki selisih 56%. Jadi analisis numeris dengan software Abaqus cukup mewakili kondisi sesungguhnya. Sedangkan pola kegagalan yang terjadi pada balok gradasi balok kontrol dengan mutu beton 25 MPa dan 30 MPa serupa yaitu diawali dengan gagal lentur dan disertai dengan gagal geser.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/151432

Actions (login required)

View Item View Item