Susanti, Yuli Fitria (2010) Proses konstruksi pengetahuan siswa kelas VIII.3 SMP Negeri 6 Malang pokok bahasan luas permukaan dan volum tabung / Yuli Fitria Susanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Susanti Yuli Fitria. 2008. Proses Konstruksi Pengetahuan Siswa Kelas VIII.3 SMP Negeri 6 Malang Pokok Bahasan Luas Permukaan dan Volum Tabung. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwiyono M.Pd (II) Dra. Tri Hapsari Utami M.Pd. Kata Kunci Proses Konstruksi Pengetahuan Dalam memahami dan menerapkan pengetahuannya siswa dituntut untuk mampu memecahkan masalah menemukan sendiri segala sesuatu untuk dirinya dan berusaha dengan ide-idenya sehingga peranan penting guru adalah sebagai mediator dan fasilitator. Dengan menggunakan teori konstruktivisme diharapkan siswa mampu memperoleh sendiri pengetahuannya dengan kemampuan kognitif yang mereka miliki sehingga mereka dapat menggunakan konsep yang mereka peroleh untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan konsep tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses konstruksi pengetahuan siswa serta menyelidiki kesalahan siswa dalam mengkonstruksi pengetahuan pada mata pelajaran matematika dengan pokok bahasan luas permukaan dan volum tabung. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 6 Malang kelas VIII.3 semester II tahun ajaran 2007/2008 dengan 3 siswa sebagai subyek penelitian (dari 38 siswa). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan instrumen utama adalah peneliti sendiri yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa. Selain itu peneliti juga menggunakan instrumen lembar kerja siswa dan catatan lapangan dengan prosedur pengumpulan data melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan proses konstruksi pengetahuan siswa mulai dari struktur berpikir awal selama proses pembelajaran dan pada saat pemahaman siswa terhadap materi. Pada materi luas permukaan tabung terdapat kesalahan siswa dalam menentukan luas selimut tabung yang masih menggunakan rumus luas persegi panjang. Sedangkan pada materi volum tabung siswa belum mengetahui bahwa tabung dapat dikategorikan sebagai prisma sehingga volum tabung sama dengan volum prisma. Dalam penggambaran proses konstruksi pengetahuan masih terdapat siswa yang belum secara tuntas memahami permasalahan yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15143 |
Actions (login required)
View Item |