Studi numeris momen-kurvatur balok beton bertulang bergradasi / Rizaldy Khoiru Suhud - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi numeris momen-kurvatur balok beton bertulang bergradasi / Rizaldy Khoiru Suhud

Suhud, Rizaldy Khoiru (2019) Studi numeris momen-kurvatur balok beton bertulang bergradasi / Rizaldy Khoiru Suhud. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Suhud Rizaldy Khoiru. 2019. Studi Numeris Momen-Kurvatur Balok Beton Bertulang Bergradasi. Skripsi Jurusan Teknnik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Karyadi M.P. M.T. (II) M. Mirza Abdillah Pratama S.T. M.T. Kata Kunci Beton Gradasi Balok Gradasi Momen Kurvatur Optimasi penggunaan semen dalam bidang konstruksi dilakukan untuk mengurangi polusi CO2 serta menghasilkan bangunan yang ramah lingkungan. Konsep FGC (Functionally Graded Concrete) menghasilkan beton gradasi yang ramah lingkungan dengan pendekatan sifat natural beton yang berbeda kekuatan sepanjang tingginya akibat segregasi. Pengaplikasian beton gradasi sebagai elemen struktur akan menghasilkan bangunan ramah lingkungan. Simulasi pemodelan balok beton bertulang bergradasi dengan software elemen hingga dilakukan untuk memprediksi kekuatan pola retak dan kegagalan yang akan terjadi di lapangan. Parameter yang menggambarkan perilaku tersebut adalah grafik momen-kurvatur. Pemodelan balok terbagi menjadi 2 jenis yaitu 4 model balok bermutu beton serat tarik 20 MPa dan setiap spesimen bermutu beton serat tekan berbeda (30-20 40-20 50-20 60-20 MPa). Selain itu balok gradasi bermutu beton serat tarik 30 MPa yang terdiri dari 3 model dengan perbedaan mutu beton serat tekan (40-30 50-30 60-30 MPa). Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui perilaku balok gradasi seiring peningkatan mutu beton serat tekan begitu juga perilaku saat terjadi perbedaan serat tarik antar specimen. Hasil menunjukkan bahwa balok kontrol mengalami peningkatan kekakuan dan momen seiring peningkatan mutu beton yang digunakan sedangkan capaian lendutan dan kurvatur menurun. Balok gradasi bermutu beton serat tarik x-20 dan x-30 MPa mengalami peningkatan momen dan kekakuan seiring peningkatan mutu beton yang diaplikasikan pada serat tekan masing-masing balok sedangkan nilai lendutan dan kurvatur mengalami penurunan. Balok-balok gradasi bermutu beton serat tekan sama tetapi mutu beton serat tarik berbeda (40-20 40-30 Mpa 50-20 50-30 MPa 60-20 60-30 MPa) menghasilkan momen dan kekakuan yang lebih tinggi seiring peningkatan mutu beton yang digunakan pada serat tarik. Tinjauan pada besar lendutan balok kondisi retak awal menyatakan bahwa seluruh balok memiliki lendutan yang lebih kecil dari batas izin. Lendutan balok saat kondisi tersebut bernilai serupa. Berdasarkan hal tersebut dinyatakan seluruh model balok memiliki kemampulayanan yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/151428

Actions (login required)

View Item View Item