Analisis karakteristik parkir dan kebutuhan parkir di Mal Ramayana Kota Malang / Viqi Khoiruddin Al Hafid - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis karakteristik parkir dan kebutuhan parkir di Mal Ramayana Kota Malang / Viqi Khoiruddin Al Hafid

Al Hafid, Viqi Khoiruddin (2019) Analisis karakteristik parkir dan kebutuhan parkir di Mal Ramayana Kota Malang / Viqi Khoiruddin Al Hafid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Al Hafid Viqi Khoiruddin 2019. Analisis Karakteristik Parkir dan Kebutuhan Parkir di Mal Ramayana Kota Malang. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Pranoto S.T M.T (2) Drs. H. Sugiyanto S.T. M.T Kata kunci Parkir kebutuhan parkir kendaraan Mal Ramayana merupakan salah satu pusat perbelanjaan di Kota Malang yang menimbulkan tarikan perjalanan di kawasan tersebut dan akan menimbulkan peningkatan volume lalu lintas jalan yang mengakibatkan kemacetan lalu lintas pada ruas jalan disekitar pusat perbelanjaan. Hal ini terlihat dari sejumlah kendaraan keluar masuk pusat perbelanjaan dan ditambah sepeda motor yang terparkir di badan jalan sehingga mengakibatkan terganggunya arus lalu lintas tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik parkir serta menganalisis kebutuhan ruang parkir di Mal Ramayana Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode survei pertama dilakukan survei pendahuluan pada lokasi penelitian untuk mengetahui kondisi lokasi dan fasilitas parkir di area Mal. Tahapan selanjutnya tahapan pengumpulan data primer dengan mencatat waktu masuk/keluar kendaraan parkir di area tempat parkir mencatat nomor polisi kendaraan yang masuk/keluar parkir di Mal Ramayana Kota Malang dan survei kapasitas parkir yang tersedia. Setelah mendapatkan data melalui survei kemudian dilakukan rekapitulasi data. Selanjutnya dilakukan pengolahan data dan analisis data menggunakan Microsoft Excel yang meliputi volume parkir akumulasi parkir durasi parkir angka pergantian parkir indeks parkir dan kebutuhan ruang parkir. Hasil dari penelitian karakteristik parkir yaitu volume sepeda motor parkir di badan jalan 905 kendaraan parkir di luar badan jalan sebesar 485 kendaraan dan 277 kendaraan mobil. Akumulasi maksimum sepeda motor parkir di badan jalan sebesar 105 kendaraan parkir di luar badan jalan sebesar 169 kendaraan dan 68 kendaraan mobil. Durasi sepeda motor parkir di badan jalan sekitar 90 menit parkir di luar badan jalan 280 menit dan 160 menit kendaraan mobil. Angka pergantian parkir sepeda motor di badan jalan 12 93 kend/SRP parkir di luar badan jalan sebesar 2 69 kend/SRP dan 3 96 kend/SRP untuk mobil. Indeks rata-rata sepeda motor di badan jalan 8805 100% hal ini fasilitas parkir tidak mampu menampung kendaraan dan indeks parkir di luar badan jalan 8804 100% hal ini menunjukkan fasilitas parkir masih mampu menampung kendaraan. Hasil dari penelitian kebutuhan ruang parkir yang dilakukan di badan jalan dan di luar badan jalan dilakukan dengan pendekatan menggunakan durasi parkir. Kebutuhan ruang parkir berdasarkan durasi parkir yaitu untuk sepeda motor sebesar 114 SRP dan parkir di luar badan jalan sebesar 189 SRP dan untuk mobil sebesar 70 SRP sedangkan kebutuhan ruang parkir berdasarkan akumulasi maksimum yaitu untuk sepeda motor sebesar 105 SRP dan parkir di luar badan jalan sebesar 169 SRP dan untuk mobil sebesar 68 SRP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/151424

Actions (login required)

View Item View Item