Analisis titik kemacetan dari terminal arjosari ke terminal landungsari berdasarkan trayek angkutan kota ADL menggunakan SIG / Wahyu Rosmiasih - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis titik kemacetan dari terminal arjosari ke terminal landungsari berdasarkan trayek angkutan kota ADL menggunakan SIG / Wahyu Rosmiasih

Rosmiasih, Wahyu (2019) Analisis titik kemacetan dari terminal arjosari ke terminal landungsari berdasarkan trayek angkutan kota ADL menggunakan SIG / Wahyu Rosmiasih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rosmiasih Wahyu. 2019. Analisis Titik Kemacetan Dari Terminal Arjosari Ke Terminal Landungsari Berdasarkan Trayek Angkutan Kota ADL Menggunakan SIG. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ir. Titi Rahayuningsih M.si. (II) Pranoto S.T. M.T. Kata Kunci Titik Kemacetan Trayek Angkutan Kota Sistem Informasi Geografis Angkutan kota ADL merupakan salah satu jenis angkutan kota yang beroperasi di Kota Malang. Angkutan kota ADL memiliki 124 armada dan jarak rute 14 5 Km. Trayek angkutan kota ADL adalah dari Terminal Arjosari ke Terminal Landungsari dengan melewati Dinoyo. Ruas jalan yang dilewati oleh trayek angkutan kota ADL merupakan kawasan sibuk sehingga sering terjadi kemacetan di ruas jalan yang dilewati angkutan kota ADL. Tujuan penelitian ini 1) mengetahui kinerja ruas jalan dari terminal Arjosari ke terminal Landungsari berdasarkan trayek angkutan kota ADL dan 2) menganalisis titik kemacetan di ruas jalan dari Terminal Arjosari ke Terminal Landungsari berdasarkan trayek angkutan kota ADL yang dipetakan menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG). Rancangan penelitian ini menggunakan metode survei deskriptif. Penelitian dilakukan dengan cara pengamatan langsung pada obyek dengan survei dinamis dan survei statis. Survei dinamis dilakukan di dalam angkutan kota ADL yang berjalan untuk mendapatkan data tundaan dan waktu tempuh. Survei statis dilakukan di tepian jalan untuk mendapatkan data volume kendaraan dan hambatan samping. Dari data tersebut kemudian dilakukan analisis data dengan SIG menggunakan software ArcGIS 10.3. Hasil penelitian adalah sebagai berikut 1) kinerja ruas jalan dari Terminal Arjosari ke Terminal Landungsari berdasarkan trayek angkutan kota ADL masuk dalam kategori F atau terjadi kemacetan. Faktor yang mempengaruhi kinerja jalan adalah volume lalu-lintas hambatan samping dan kapasitas. dan 2) dari hasil analisis SIG volume tertinggi terjadi pada ruas jalan MT. Haryono dengan rata-rata 4131 skr/jam hambatan samping tertinggi terjadi pada ruas jalan Trunojoyo dengan 286 kejadian/jam kapasitas terbesar terjadi pada ruas jalan MT. Haryono dan jalan Tlogomas dengan 3074 60 skr/jam rasio derajat kejenuhan di semua ruas jalan trayek angkutan kota ADL adalah diatas 1. Waktu tempuh rata-rata angkutan kota ADL dari terminal Arjosari ke terminal Landungsari adalah 1 5 jam. Titik kemacetan pada jalan trayek angkutan kota ADL dari terminal Arjosari ke terminal Landungsari terdapat 24 tundaan yang disebabkan oleh tundaan geometri dan 10 tundaan disebabkan oleh tundaan lalu-lintas. Rata-rata waktu tundaan yang terjadi adalah 8 3 menit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/151419

Actions (login required)

View Item View Item