Evaluasi drainase kawasan kompleks Graha Tirta Kota Malang dengan simulasi HEC-RAS 4.0 / Yusniar Akbar Rizky Hariyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi drainase kawasan kompleks Graha Tirta Kota Malang dengan simulasi HEC-RAS 4.0 / Yusniar Akbar Rizky Hariyanto

Hariyanto, Yusniar Akbar Rizky (2020) Evaluasi drainase kawasan kompleks Graha Tirta Kota Malang dengan simulasi HEC-RAS 4.0 / Yusniar Akbar Rizky Hariyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jumlah penduduk di Kota Malang dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir mengalami pertumbuhan dengan demikian hal tersebut akan mempengaruhi perubahan tataguna lahan. Perubahan tataguna lahan yang terjadi berdampak semakin sedikitnya daerah tangkapan air di kota Malang. Hal ini juga yang menyebabkan genangan terjadi di Kompleks Graha Tirta Kota Malang karena tidak mampunya drainase menampung debit hujan. Genangan yang terjadi di kawasan kompleks tersebut akibat berkurangnya daerah tangkapan air maka secara otamatis limpasan air hujan yang akan diterima saluran drainase menjadi lebih besar dan saluran drainase pada kompleks tersebut tidak mampu menampung debit banjir yang terjadi.Tujuan diadakannya penelitian evaluasi drainase di kawasan kompleks Graha Tirta Kota Malang yaitu untuk menyelesaikan masalah genangan yang terjadi dengan solusi ecodrainage yaitu sumur resapan. Sumur resapan direncakan untuk mereduksi debit hujan yang terjadi dimana limpasan air hujan dari bangunan tidak langsung mengalir ke saluran drainase. Perhitungan analisis pada penelitian evaluasi menggunakan metode analisis hidrologi dan analisis hidrolika dengan periode ulang 10 tahun. Metode analisis hidrologi dilakukan untuk mencari debit banjir yang terjadi pada saluran dan analisis hidrolika dilakukan untuk mencari kapasistas saluran drainase. Setelah melakukan evaluasi dengan hasil dari analisis hidrologi dan hidrolika dilanjutkan dengan simulasi HEC-RAS 4.0 untuk memastikan hasil dari perhitungan analisis sebelumnya sudah benar. Hasil perhitungan curah hujan rencana menggunakan persamaan Mononobe dengan periode ulang 10 tahun diperoleh sebesar 137 75 mm. Pada lokasi penelitian menerima debit limpasan dari luar kawasan yang masuk ke dua saluran yang berbeda yaitu pada saluran G1-G2 dan saluran H1-H2. Besar debit luar kawasan yang diterima saluran G1-G2 sebesar 0 5747 m3/det dan saluran H1-H2 sebesar 0 4891 m3/det. Ada 14 saluran yang mengalami luapan terlihat pada hasil analisis hidrologi yang mempunyai nilai lebih besar daripada hasil analisis hidrolikanya. Saluran yang tidak mampu menerima debit hujan yang terjadi ditinjau lebih lanjut menggunakan Sofware HEC-RAS 4.0 untuk dilihat kondisi apabila air meluap. Pada evaluasi penelitian didapatkan debit genangan terbesar terjadi pada saluran G5-G6 sebesar 0 7873 m3/det. Kebutuhan semur resapan dalam mereduksi seluruh genangan yang terjadi pada kawasa kompleks Graha Tirta sebanyak 72 unit dengan penampang lingkaran berdiameter 1 meter dan memiliki kedalaman 2 meter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/151409

Actions (login required)

View Item View Item