Jabbar, Musa Abdul (2020) Analisa perbandingan penggunaan dermaga tipe wharf dan open pier (analisis struktur) terhadap rencana anggaran biaya pada pelabuhan untuk dua kapal kargo curah 10.000 dwt Kabupaten Lebak, Banten / Musa Abdul Jabbar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembangunan infrastruktur transportasi di Indonesia menjadi fokus utama pemerintah termasuk didalamnya fasilitas pelabuhan untuk transportasi air. Untuk melakukan pembangunan sebelumnya harus dilakukan analisa efisiensi agar pembangunan dermaga efisien secara biaya salah satu analisa efisiensi yang dilakukan adalah perbandingan antara beberapa tipe dermaga. Di kabupaten Lebak Banten terdapat pelabuhan untuk pabrik semen salah satu dermaga pada pelabuhan tersebut memiliki tipe wharf untuk dua kapal kargo curah 10.000 DWT kemudian akan dilakukan perbandingan dengan membandingkan antara dermaga eksisting tersebut dengan dermaga tipe open pier dengan catatan memiliki kesamaan secara fungsional. Perbandingan dilakukan hanya pada struktur primer dengan parameter perbandingan rencana anggaran biaya antara kedua tipe dermaga yang nantinya akan diperoleh tipe dermaga yang efisien. Analisa ini dilakukan dengan permodelan kedua tipe dermaga yaitu dermaga tipe wharf dan dermaga tipe open pier dengan SAP2000 v.20.0 setelah dipastikan struktur kedua dermaga tersebut aman kemudian diketahui kebutuhan material struktur primer kedua tipe dermaga tersebut kemudian dilakukan perhitungan rencana anggaran biaya yang kemudian dilakukan perbandingan dengan parameter rencana anggaran biaya kedua tipe dermaga tersebut. Kesimpulan dari analisa perbandingan ini menunjukkan bahwa (1) secara luasan pada layout daratan lebih luas untuk dermaga tipe wharf yaitu sebesar 7370 m2 sedangkan pada dermaga tipe open pier memiliki luasan sebesar 6 033.3 m2 (2) Kebutuhan material struktur primer pada dermaga tipe wharf lebih banyak untuk struktur atas sedangkan pada dermaga tipe open pier kebutuhan material struktur primer lebih banyak untuk struktur bawah (3) Dermaga yang efisien untuk 2 kapal kargo curah 10.000 DWT pada kabupaten Lebak Banten adalah dermaga tipe wharf karena membutuhkan biaya untuk material struktur bawah dan fender yang lebih sedikit (4) Untuk dermaga pada wilayah pantai yang memiliki topografi yang landai lebih efektif untuk menggunakan dermaga tipe open pier sedangkan pada topografi pantai yang curam menggunakan dermaga tipe wharf.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Mar 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/151407 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |