Analisa genangan banjir pada sungai padolo untuk menunjang terbentuknya peta rawan banjir / Mochamad Romi Hanafi - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisa genangan banjir pada sungai padolo untuk menunjang terbentuknya peta rawan banjir / Mochamad Romi Hanafi

Hanafi, Mochamad Romi (2020) Analisa genangan banjir pada sungai padolo untuk menunjang terbentuknya peta rawan banjir / Mochamad Romi Hanafi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hanafi Mochamad Romi. 2020. Analisa Genangan Banjir Pada Sungai Padolo Untuk Menunjang Terbentuknya Peta Rawan Banjir. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Eko Suwarno M.Pd. (II) Ir. Titi Rahayuningsih M.Si. Kata Kunci Analisa Genangan Banjir HEC- HMS HEC-RAS Luas Genangan Kedalaman Genangan Kota Bima dibentuk bedasarkan Undang ndash undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2002 Tentang Pembentukan Kota Bima Di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Hampir setiap musim penghujan Kota Bima selalu menjadi daerah langganan banjir Daerah yang berpotensi banjir di wilayah Kota Bima teridentifikasi pada daerah-daerah di sepanjang aliran sungai. Sebagai tindakan preventif akan hal tersebut maka perlu dilakukan penelitian ini dengan tujuan penelitian yitu (a) bagaimana pola persebaran banjir di DAS Padolo (b) berapa luas area yang terdampak genangan ketika banjir di DAS Padolo (c) berapa ketinggian banjir di DAS Padolo dan (d) berapa lama genangan banjir yang terjadi di DAS Padolo. Analisa dilakukan dengan bantuan software HEC-HMS dengan periode ulang banjir 25 tahun dan HEC-RAS 5.0.2. dengan analisa 2D Flow area sehingga dapat diketahui visualisasi dari hasil running dari genangan banjir secara 2D. Hasil output yang di dapatkan berupa tabel dengan data meliputi luas genangan ketinggian genangan dan lama waktu genangan. Hasil penelitian didapatkan bahwa debit puncak untuk periode ulang 25 tahun sebesar 226 1 m3/dt. Dari simulasi banjir dilakukan selama 72jam pada DAS Padolo dengan periode ulang 25tahun pada kondisi puncak diketahui terjadi pada jam ke ndash 49 dengan luas area gengan 3.89 km sup2 dengan rata- rata kedalaman 1.25 ndash 2.5 m dengan rata-rata kecepatan rambatan banjir sebesar 4.5 km sup2 . Setelah dilakukan overlay dengan peta administrasi Kota Bima diketahui genangan terjadi pada wilayah Kecamatan Rasanae Barat. Hasil overlay dapat di gunakan sebagai penunjang dalam menentukan peta genangan banjir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/151405

Actions (login required)

View Item View Item