Karakteristik marshall campuran ac-bc dengan bahan tambah ban dalam bekas kendaraan roda dua / Zakky Abu Nurali - Repositori Universitas Negeri Malang

Karakteristik marshall campuran ac-bc dengan bahan tambah ban dalam bekas kendaraan roda dua / Zakky Abu Nurali

Zakky Abu Nurali (2021) Karakteristik marshall campuran ac-bc dengan bahan tambah ban dalam bekas kendaraan roda dua / Zakky Abu Nurali. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Infrastruktur jalan merupakan salah satu sarana penting dalam menunjang mobilitas masyarakat. Peningkatan mobilitas tersebut diiringi dengan bertambahnya jumlah kendaraan sehingga berpotensi menghasilkan limbah seperti ban bekas. Banyak upaya untuk memanfaatkan limbah tersebut. Salah satunya adalah dengan menambahkannya ke dalam campuran Asphalt Concrete Binder Course (AC-BC). Upaya tersebut diharapkan mampu meningkatkan nilai stabilitas dan durabilitas pada campuran AC-BC. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan karakteristik bahan penyusun campuran AC-BC (2) mendeskripsikan karakteristik campuran AC-BC dengan tambahan serbuk ban dalam bekas roda dua terhadap parameter Marshall (3) mendeskripsikan nilai IKS pada campuran AC-BC dengan penambahan serbuk ban dalam bekas roda dua. Metode penelitian ini diawali dengan mempersiapkan bahan dan peralatan membuat benda uji kemudian dilakukan uji Marshall guna mencari nilai kadar aspal optimum (KAO). Tahap selanjutnya adalah membuat benda uji KAO dengan penambahan serbuk ban dalam bekas roda dua ukuran lolos no. 50 dan tertahan no. 100 dengan variasi kadar 1 5% 3% 4 5% 6% dan 7 5% terhadap berat aspal. Cara pencampuran serbuk menggunakan metode basah yang selanjutnya melakukan uji Marshall dan meninjau karakteristik nilai IKS dengan mengacu pada ketentuan Bina Marga 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Karakteristik bahan penyusun campuran AC-BC yang meliputi agregat kasar agregat halus filler dan aspal telah memenuhi spesifikasi Bina Marga 2018. (2) Penambahan variasai kadar serbuk ban dalam bekas roda dua pada campuran AC-BC mempengaruhi nilai parameter Marshall. Nilai stabilitas tertinggi diperoleh pada kadar serbuk ban dalam bekas sebesar 3%. Nilai VIM dan VMA tertinggi terdapat pada kadar serbuk 4 5% dengan angka masing-masing sebesar 4 7% dan 15 4%. (3) Nilai IKS pada campuran AC-BC dengan tambahan serbuk ban dalam bekas pada kadar serbuk 1 5% 3% dan 4 5% telah memenuhi standar minimum 90% sedangkan untuk kadar serbuk 6% dan 7 5% belum memenuhi nilai standar minimum IKS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2021 04:29
Last Modified: 10 Oct 2023 03:12
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/151375

Actions (login required)

View Item View Item