Penerapan pembelajaran RME untuk memantapkan pemahaman konsep bangun ruang siswa kelas IV SDN Pagentan V Singosari Malang / Eka Hapsari Natalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran RME untuk memantapkan pemahaman konsep bangun ruang siswa kelas IV SDN Pagentan V Singosari Malang / Eka Hapsari Natalia

Natalia, Eka Hapsari (2009) Penerapan pembelajaran RME untuk memantapkan pemahaman konsep bangun ruang siswa kelas IV SDN Pagentan V Singosari Malang / Eka Hapsari Natalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Matematika merupakan salah satu alat untuk menyusun pemikiran yang jelas tepat dan taat azas. Dalam pembelajaran matematika perlu dikembangkan materi dan proses pembelajaran matematika yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan kognitif dan keterampilan intelektual siswa sehingga konsep matematika yang bersifat abstrak dapat dipahami dengan mudah dan bermakna. Observasi awal yang dilakukan di SDN Pagentan V Singosari Malang pada kelas IV menunjukkan bahwa pembelajaran dilakukan dengan cara konvensional dan metode yang digunakan adalah metode ceramah tanya jawab dan pemberian tugas. Suasana sedikit tegang sehingga kurang nyaman bagi siswa. Oleh karena itu perlu adanya pembelajaran yang dapat mengaitkan konsep matematika dengan pengalaman anak sehari-hari yaitu dengan menerapkan pembelajaran matematika realistik. Dalam penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 19 29 maret 2008 dengan banyaknya siswa 45 orang. Hasil penelitian disajikan secara deskriptif kualitatif. Pembelajaran Matematika Realistik yang diterapkan diawali dengan pemberian masalah kontekstual dengan menggunakan alat peraga. Masalah didiskusikan secara kelompok dan hasil diskusi kelompok disajikan dalam diskusi kelas yang bertujuan untuk mendapatkan kesimpulan dari masalah yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Matematika Realistik meningkatkan kemampuan pemahaman konsep Bangun Ruang siswa kelas IV SDN Pagentan V Singosari. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan siswa yang berada pada tahap relasional menurun sebesar 2 2% (1 siswa) yaitu dari 2 2% ke 0% pada tahapan observasional meningkat 26 6% (12 siswa) yaitu dari 46% (21 siswa) ke 76 7% (33 siswa) pada tahapan Instruksional menurun sebesar 33 3% (15 siswa) yaitu dari 42 2%(19 siswa) ke 9 3% (4 siswa) dan pada tahap intuitif menurun sebesar 4 4% dari 4 4% (2 siswa) ke 0%. Untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk menerapkan Pembelajaran Matematika Realistik dengan memberikan sejmlah alat peraga yang sesuai dengan jumlah siswa agar setiap siswa dapat mengekspresikan idenya masing-masing meskipun bekerja dalam kelompok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15136

Actions (login required)

View Item View Item