Implementasi problem posing-stad dalam pembelajaran trigonometri untuk meningkatkan prestasi belajar matematika di kelas X SMAN 4 Malang / Nikhen Wiwit Subandi - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi problem posing-stad dalam pembelajaran trigonometri untuk meningkatkan prestasi belajar matematika di kelas X SMAN 4 Malang / Nikhen Wiwit Subandi

Subandi, Nikhen Wiwit (2009) Implementasi problem posing-stad dalam pembelajaran trigonometri untuk meningkatkan prestasi belajar matematika di kelas X SMAN 4 Malang / Nikhen Wiwit Subandi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran Problem Posing merupakan salah satu bentuk model pembelajaran yang menuntut siswa untuk membuat masalah atau soal berdasarkan informasi yang diberikan. Kegiatan membuat masalah atau soal dapat melatih siswa untuk aktif kreatif dan dapat mengembangkan daya pikir. Penelitian ini dilaksanakan dengan subjek penelitian kelas X-3 SMAN 4 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan (1) mendiskripsikan langkah-langkah pembelajaran Problem Posing-STAD yang dapat meningkatkan prestasi belajar matematika (2) mengetahui peningkatan prestasi belajar trigonometri siswa kelas X SMAN 4 Malang melalui pembelajaran Problem Posing-STAD. Pembelajaran matematika pada materi trigonometri melalui 3 tahap (1) tahap awal guru mengawali pembelajaran dengan membangkitkan materi prasyarat mengenai kesebangunan yang berhubungan dengan difinisi trigonometri (2) tahap inti guru memberikan lembar kerja yang terdiri dari uraian materi dan lembar problem posing. Sebelum siswa diminta membuat masalah terlebih dahulu guru memberikan contoh dalam membuat masalah. Selanjutnya siswa diminta membuat masalah dari informasi yang berbeda dari contoh tadi secara berkelompok. Kemudian hasil kerja siswa ditampilkan di depan kelas untuk didiskusikan dan guru memandu jalannya diskusi (3) tahap akhir guru bersama-sama siswa menyimpulkan ide matematika dari keseluruhan kegiatan yang telah dilaksanakan. Penerapan pembelajaran melalui Problem Posing-STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Dengan peningkatan sebesar 7 65% untuk hasil belajar siswa (tes) dan peningkatan 4 86% untuk aktivitas siswa selama pembelajaran atau aktivitas siswa selama diskusi kelompok. Berdasarkan hasil penelitian tersebut pembelajaran matematika melalui Problem Posing-STAD dapat dijadikan alternatif pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15135

Actions (login required)

View Item View Item