Perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang antara siswa yang mendapat pembelajaran metode silih tanya berbasis reflektif dan siswa yang mendapat pembelajaran biasa pada pokok bahasan trigonometri / Ita Pramita - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang antara siswa yang mendapat pembelajaran metode silih tanya berbasis reflektif dan siswa yang mendapat pembelajaran biasa pada pokok bahasan trigonometri / Ita Pramita

Pramita, Ita (2008) Perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang antara siswa yang mendapat pembelajaran metode silih tanya berbasis reflektif dan siswa yang mendapat pembelajaran biasa pada pokok bahasan trigonometri / Ita Pramita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pramita Ita. 2008. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Malang Antara Siswa Yang Mendapat Pembelajaran Metode Silih Tanya Berbasis Reflektif dan Siswa yang Mendapat Pembelajaran BiasaPada Pokok Bahasan Trigonometri . Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Subanji S.Pd M. Si Pembimbing (II) Ir. Hendro Permadi M.Si Kata Kunci Hasil Belajar Metode Silih Tanya Berbasis Reflektif Kemajuan teknologi yang sangat pesat menjadi suatu tantangan berat bagi generasi muda mendatang. Kompetisi akan semakin kuat untuk bisa eksis menghadapi tantangan dunia global. Hanya orang-orang yang kreatif yang mampu beradaptasi dengan cepat terhadap kemajuan teknologi tersebut. Oleh karena itu perlu adanya upaya untuk membentuk generasi muda yang kreatif kompetitif dan kooperatif. Sehubungan dengan upaya membentuk generasi muda yang kreatif kompetitif dan kooperatif maka paradigma pendidikan harus berubah yang semula banyak mengajari menjadi banyak mendorong anak untuk belajar yang semula guru yang aktif berubah menjadi siswa yang aktif. Selama ini pembelajaran matematika di SMA Negeri 9 Malang masih banyak didominasi oleh guru. Pembelajaran ini kurang bisa membuat anak menjadi kreatif. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis mencoba menerapkan pembelajaran matematika dengan metode silih tanya berbasis reflektif. Diharapkan pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika dengan metode silih tanya berbasis reflektif terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan Post Test One Group Control Design . subjek penelitian adalah kelas X SMA Negeri 9 Malang yang terdiri dari 6 kelas. Kelas eksperimen adalah kelas X-3 yang mendapat pembelajaran dengan metode silih tanya berbasis reflektif sedangkan kelas kontrol adalah kelas X-2 yang mendapat pembelajaran biasa. Uji Prasyarat analisis yang digunakan adalah uji Normalitas Uji Homogenitas dan Uji Kesamaan dua rata-rata. Sedangkan uji hipotesis yang digunakan adalah uji t dua ekor. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis dengan uji t diperoleh P-Value 0 05. Jadi H0 ditolak dengan kata lain H1 diterima berarti hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen berbeda dari pada hasil belajar siswa kelas kontrol. Pada penelitian ini juga diperoleh hasil aktivitas silih tanya yaitu (1) dihasilkan 489 soal yang telah diajukan oleh siswa (2) rata-rata soal yang dibuat dan diselesaikan oleh tiap siswa dalam satu kali pertemuan adalah 3-4 soal. Dari 489 soal tersebut 487 soal yang dapat dikerjakan dan 2 soal yang tidak bisa diselesaikan. Dari 487 soal yang dapat diselesaikan terdapat 480 soal yang kunci jawabannya benar dan 7 soal yang kunci jawabannya salah. Selanjutnya 489 soal yang dibuat oleh siswa tersebut sebanyak 171 soal yang dibuat dengan cara merubah soal di buku dan 318 soal yang mengambil langsung dari buku serta tidak ada soal yang dibuat sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15132

Actions (login required)

View Item View Item