Pengembangan modul pembelajran matematika pokok bahasan luas bangun datar sederhana dengan pendekatan kontekstual untuk siswa SD kelas V semester I / Alfiani Athma Putri Rosyadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajran matematika pokok bahasan luas bangun datar sederhana dengan pendekatan kontekstual untuk siswa SD kelas V semester I / Alfiani Athma Putri Rosyadi

Rosyadi, Alfiani Athma Putri (2009) Pengembangan modul pembelajran matematika pokok bahasan luas bangun datar sederhana dengan pendekatan kontekstual untuk siswa SD kelas V semester I / Alfiani Athma Putri Rosyadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Modul adalah salah satu paket bahan ajar yang disusun secara sistematis dan memuat serangkaian aktivitas belajar mandiri agar siswa mampu mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan secara khusus dan jelas. Dengan modul siswa dapat belajar menurut kecepatan dan caranya masing-masing serta menggunakan tehnik yang berbeda-beda untuk memecahkan masalah. Kegiatan pengembangan yang dilakukan bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran matematika pokok bahasan luas bangun datar sederhana. Materi luas bangun datar sederhana merupakan salah satu bahan kajian siswa SD kelas V semester I. Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan materi yang dibahas adalah luas trapesium dan layang-layang. Pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam penulisan modul ini adalah kontekstual. Pendekatan kontekstual dalam penulisan modul ini hanya dibatasi pada komponen REACT (Relating Experiencing Applying Cooperating Transferring). Format modul yang dikembangkan yaitu halaman muka daftar isi pendahuluan kegiatan belajar penutup daftar rujukan dan perangkat evaluasi. Selain itu modul pembelajaran yang dikembangkan juga dilengkapi dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Modul pembelajaran matematika yang dikembangkan telah diujicoba sebagai pijakan untuk melakukan revisi modul. Uji coba dilaksanakan dalam dua tahap. Uji coba modul tahap pertama melibatkan subyek coba yaitu tiga orang dosen matematika Universitas Negeri Malang dan tiga orang guru Sekolah Dasar. Uji coba modul tahap kedua melibatkan subyek coba yang terdiri dari enam orang siswa SD. Hasil validasi kelayakan pengembangan modul secara keseluruhan memiliki rata-rata nilai 3 49. Hal ini menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar untuk membantu siswa dan guru pada proses belajar mengajar. Adapun beberapa saran yang dapat dikemukakan yaitu diharapkan guru Sekolah Dasar mencoba menggunakan produk pengembangan modul ini dalam pembelajaran guna menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan selain itu produk pengembangan modul ini dapat dijadikan sebagai salah satu masukan dalam pengembangan modul yang mengacu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan untuk materi yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15130

Actions (login required)

View Item View Item