Ardiansyah, Rizqi (2019) Analisis aspek ekonomi kreatif menggunakan pendekatan Analytic Network Process (ANP) pada pengembangan sektor usaha kedai kopi di Kota Malang / Rizqi Ardiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ardiansyah Rizqi. 2019. Analisis Aspek Ekonomi Kreatif Menggunakan Pendekatan Analytic Network Process (ANP) pada Pengembangan Sektor Usaha Kedai Kopi di Kota Malang. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hadi Sumarsono ST. M.Si Kata Kunci Ekonomi Kreatif Analytic Network Process Usaha Kopi Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) berupaya meningkatkan usaha kopi lokal yang didukung dengan kreatifitas dalam pengolahannya melalui pendampingan dan bimbingan manajemen. BEKRAF mendorong usaha kreatif terkait seperti kuliner (roaster dan caf ) sub sektor kriya melalui alat-alat seduh kopi manual sub sektor desain melalui kemasan yang eye-catching sub sektor aplikasi dan game developer yaitu penggunaan e-commerce untuk menjual kopi Indonesia. Oleh karna itu peneliti dalam melakukan penelitian lebih mendalami sektor-sektor yang terkait pada ekonomi kreatif di Indonesia dan berupaya mengubah paradigma kopi dari komoditas menjadi gaya hidup. BEKRAF sendiri memiliki visi untuk membangun Indonesia menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia dalam Ekonomi Kreatif pada tahun 2030 nanti. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan kelompok pelaku ekonomi terbesar dalam perekonomian Indonesia dan terbukti menjadi katup pengaman perekonomian nasional dalam masa krisis serta menjadi dinamisator pertumbuhan ekonomi pasca krisis ekonomi. Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat tercermin pada sasaran pembangunan ekonomi yang semula berorientasi pada pertumbuhan yang berkelanjutan dari ekonomi skala besar kini menjadi prioritas pengembangan kedepan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dimana penelitian ini menggunakan metode ANP (Analytic Network Process) yang mana metode ini memungkinan seseorang mengambil keputusan menghadapi faktor-faktor yang saling berhubungan (dependence) serta umpan balik (feedback) secara sistematik. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam penentuan prioritas cluster pada perkembangan sektor usaha kriteria desain interior menjadi prioritas utama dan saat intensitas pelanggan datang ke kedai-kedai kopi di Kota Malang semakin meningkat pembangunan ekonomi pun perlahan meningkatkan pendapatan para pemilik kedai kopi di Kota Malang. Pemerintah terus berupaya agar dampak pembangunan dari perkembangan sektor usaha kedai kopi di Kota Malang bisa dirasakan oleh masyarakat yang lebih luas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Sep 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/151273 |
Actions (login required)
View Item |