Penerapan problem based learning (PBL) untuk mengembangkan prestasi belajar siswa pada subpokok bahasan garis singgung lingkaran di SMP Negeri 9 Malang / Siti Anisah

Anisah, Siti (2009) Penerapan problem based learning (PBL) untuk mengembangkan prestasi belajar siswa pada subpokok bahasan garis singgung lingkaran di SMP Negeri 9 Malang / Siti Anisah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Guru matematika di SMP Negeri 9 Malang masih menerapkan metode konvensional ketika mereka mengajar matematika termasuk garis singgung lingkaran. Akibatnya, siswa mereka sering melakukan kesalahan dalam menerapkan rumus menentukan panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran. Salah satu metode pembelajaran yang secara teoritis dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah yang dialami siswa SMP Negeri 9 Malang untuk materi garis singgung persekutuan dua lingkaran adalah metode PBL. Dalam PBL pembelajaran dipusatkan pada siswa dengan melalui pemberian masalah di awal pembelajaran yang nantinya mampu membawa siswa untuk berpikir kritis, kreatif dan mempunyai keterampilan memecahkan masalah, serta memperoleh pengetahuan dan konsep dasar dari materi yang diajarkan tersebut. Penelitian ini mendeskripsikan rancangan dan pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan PBL untuk melihat aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Malang pada materi garis singgung persekutuan dua lingkaran. Proses pelaksanaan pembelajaran di awali dengan orientasi siswa kepada masalah, selanjutnya guru mengorganisasi siswa untuk belajar dan membimbingnya dalam penyelidikan individual maupun kelompok kemudian diakhiri dengan penyajian hasil karya dan evaluasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa presentase banyaknya siswa yang tuntas belajar pada siklus 1 adalah 97,4% sedangkan presentase banyaknya siswa yang tuntas belajar pada siklus 2 adalah 100%. Menurut ketuntasan pembelajaran yang ditetapkan SMP Negeri 9 Malang, pelaksanaan pembelajaran dikatakan mendukung atau berhasil apabila sekurang-kurangnya 85% siswa mendapat nilai minimal 65 sehingga dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan PBL dalam penelitian ini berhasil. Hal ini dapat diperkuat dengan hasil observasi aktivitas siswa yang masuk dalam kategori ÔÇ£Sangat baikÔÇØ pada siklus 1 dan siklus2, serta hasil wawancara terhadap siswa yang menunjukkan bahwa secara umum siswa senang terhadap pembelajaran dengan PBL.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15127

Actions (login required)

View Item View Item