analisis pengaruh promosi dan margin terhadap keputusan pengambilan kredit kepemilikan rumah (kpr) syariah / donni pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

analisis pengaruh promosi dan margin terhadap keputusan pengambilan kredit kepemilikan rumah (kpr) syariah / donni pratama

Pratama, Donni Pratama (2021) analisis pengaruh promosi dan margin terhadap keputusan pengambilan kredit kepemilikan rumah (kpr) syariah / donni pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lembaga keuangan syariah di Indonesia telah berkembang dengan pesat. Hal ini menyebabkan banyak pihak ingin mengetahui apa perbedaan yang mendasar antara lembaga keuangan syariah dengan lembaga keuangan konvensional perbedaannya terletak pada akad atau transaksinya. Produk apapun yang dihasilkan perbankan termasuk didalamnya perbankan syariah tidak akan terlepas dari transaksi yang dalam istilah disebut dengan akad. Salah produk bank syariah ialah kredit kepemilikan rumah. Data Statistik Moneter dan Fiskal Bank Indonesia menunjukan pembiayaan yang diberikan oleh seluruh jenis Bank yang ada di Indonesia mengalami peningkatan yaitu sebesar Rp. 504 494 Miliar di Tahun 2019 meningkat menjadi Rp 513 528 Miliar pada Oktober Tahun 2020. Perbankan di Indonesia yang memiliki fokus di sektor Kredit Pemilikan Rumah adalah Bank Syariah Indonesia baik dengan sistem Konvensional maupun Syariah. Namun sistem syariah saat ini lebih diminati masyarakat karena terdapat beberapa keunggulan seperti sistem bagi hasil dan akad yang jelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dikarenakan aspek pengukuran variabel secara objektif dengan angka dalam menganalisis data menggunakan prosedur statistika. Sifat penelitian ini adalah korelasi artinya penelitian ini akan mencari ada tidaknya pengaruh antara promosi dan juga margin terhadap keputusan pengambilan kredit kepemilikan rumah (KPR) Syariah. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non ndash probability sampling yaitu setiap individu dalam populasi tidak memiliki peluang yang sama besarnya untuk menjadi sampel dalam penelitian. Sementara untuk memilih sampel peneliti menggunakan teknik purposive sampling dikuarenakan penliti lebih mudah untuk menemui dan sesuai dengan kriteria sampel yang telah peneliti tetapkan sebeumnya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara promosi terhadap keputusan pengambilan kredit kepemilikan rumah (KPR) syariah di Bank Syariah Indonesia Cabang Soekarno ndash Hatta Malang. Hal ini dibuktikan dengan adanya nasabah yang mengambil KPR setelah mengetahui promosi dari bank tesebut. (2) Variabel x2 margin tidak berpengaruh terhadap pengambilan keputusan KPR Syariah disebabkan hal yang terjadi di lapangan responden memilih mengambil KPR dikarenakan subsidi dari pemerintah. (3) Terdapat pengaruh signifikan antara promosi dan margin terhadap pengambilan keputusan kredit kepemilikan rumah syariah di Bank Syariah Indonesia Cabang Soekarno Hatta. Dikarenakan promosi yang menarik dari bank banyak responden yang mengambil KPR disertai bunga yang kecil dikarenakan yang diambil adalah KPR subsidi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/151261

Actions (login required)

View Item View Item