Anggraini, Okta Risky (2021) Pengaruh daya tarik wisata dan promosi terhadap minat wisatawan berkunjung ke Desa Wisata Jambu Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Desa Jambu Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri merupakan salah satu desa di Kabupaten Kediri tergolong desa tertinggal berdasarkan data dari Indeks Desa Membangun (IDM) Kementrian Pedesaan dan Daerah Tertinggal. Pada awalnya Desa Jambu hanya mengandalkan sektor petanian sebagai penggerak perekonomian yang utama namun dirasa kurang menciptakan banyak lapangan kerja sehingga Desa Jambu mencetuskan branding ldquo Desa Wisata rdquo . Saat ini Desa Jambu telah membuat daya tarik wisata berupa wisata edukasi dan agrowisata dengan 20 destinasi wisata yang tercipta. Namun dalam pengembangannya masih ada beberapa permasalahan yaitu masalah infrastruktur akses transportasi umum dan sepi pengunjung di beberapa objek wisata edukasi. Sehingga selain membuat diversifikasi daya tarik wisata pemerintah Desa Jambu juga gencar melakukan promosi melalui media sosial program televisi dan berbagai seminar kebudayaan untuk memperkenalkan wisata di Desa Jambu lebih luas lagi. Karena dengan banyaknya wisatawan berkunjung maka dapat memperluas tenaga kerja di sektor wisata dan dapat meningkatkan pendapatan asli desa. Penelitian ini digunakan untuk menganalisis dan mengevaluasi seberapa besar pengaruh daya tarik wisata dan promosi terhadap minat wisatawan berkunjung ke Desa Wisata Jambu. Selain itu juga dapat digunakan sebagai bahan acuan dan evaluasi terhadap kebijakan yang digunakan di Desa Jambu yakni diversifikasi daya tarik wisata dan promosi melalui berbagai media. Teknik pengumpulan data berupa penyebaran angket wawancara observasi dan dokumentasi. Alat analisis yang yaitu aplikasi SPSS dengan analisis regresi linier berganda. Lokasi penelitian ini berada di Desa Jambu Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri dengan mengambil sampel pada pengunjung di Desa Wisata Jambu yang berjumlah 100 orang. Hasil penelitian ini juga menunjukkan pengaruh positif dan signifikan antara daya tarik wisata yang meliputi wisata edukasi dan agrowisata terhadap minat berkunjung wisatawan. Hasil dari variabel promosi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung wisatawan ke Desa Wisata Jambu. Dengan demikian pengembangan daya tarik wisata dengan diversifikasi produk wisata promosi yang konsisten dan beragam dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke Desa Wisata Jambu. Dengan banyaknya kunjungan wisatawan maka akan memperluas lapangan pekerjaan pada sektor pariwisata semakin banyak pula orang mengetahui dan membeli produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Desa Jambu sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat setempat dan pendapatan asli desa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 03:16 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/151255 |
Actions (login required)
View Item |