Analisis pergeseran potensi ekonomi daerah untuk pengembangan ekonomi daerah di kabupaten bojonegoro / Yustika Maharani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pergeseran potensi ekonomi daerah untuk pengembangan ekonomi daerah di kabupaten bojonegoro / Yustika Maharani

Maharani, Yustika Maharani (2021) Analisis pergeseran potensi ekonomi daerah untuk pengembangan ekonomi daerah di kabupaten bojonegoro / Yustika Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Potensi ekonomi daerah perlu dikembangkan guna menjadi daya saing antar daerah. Kabupaten Bojonegoro memiliki beberapa potensi ekonomi daerah namun potensi ekonomi tersebut belum diketahui sehingga perlu adanya tindak lanjut terkait potensi ekonomi untuk mengetahui potensi ekonomi daerah yang dimiliki oleh Kabupaten Bojonegoro. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan kajian terkait sector apa saja yang menjadi sector unggulan dan layak untuk dikembangkan menjadi potensi ekonomi daerah di Kabupaten Bojonegoro dan menjadi kekuatan daya saing daerah. Dengan mengetahui potensi ekonomi daerah maka diharapkan penyusunan rencana pembangunan Kabupaten Bojonegoro mampu mendorong peningkatan dan menumbuhkan kegiatan ekonomi sehingga mampu untuk mengembangkan potensi ekonomi daerah yang ada di Kabupaten Bojonegoro. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Location Quotient Model Rasio Pertumbuhan Tipologi Klassen dan Overlay. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data Produk Domestik Regional Bruto Atas Dasar Harga Konstan Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Bojonegoro Tahun 2003-2019. Pada hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Kabupaten Bojonegoro memiliki tiga sector basis pada tahun 2003-2009 dan tahun 2010-2019. Selanjutnya Kabupaten Bojonegoro juga memiliki dua sector pada kategori sector Maju dan Tumbuh Pesat tahun 2003-2009 dan 2010-2019 satu sector di tahun 2003-2009 dan tidak ada sector dalam kategori sector Maju tapi Tertekan di tahun 2010-2019 memiliki empat sector di tahun 2003-2009 dan sepuluh sector tahun 2010-2019 di kategori sector Potensial memiliki dua sector tahun 2003-2009 dan lima sector tahun 2010-2019 di kategori sector relative tertinggal. Terdapat dua sector yang dapat dikembangkan menjadi potensi ekonomi daerah yaitu sector Pertambangan dan Penggalian dan sector Informasi dan Komunikasi kedua sector tersebut merupakan sektor yang memiliki kontribusi dan pertumbuhan yang tinggi. Kebijakan dari Pemerintah Kabupaten Bojonegoro terkait pengembangan potensi ekonomi daerah terdapat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bojonegoro Tahun 2018-2023. Kebijakan tersebut terdapat pada misi nomor 6 dan isu-isu strategis Kabupaten Bojonegoro untuk menunjang dua sektor tersebut guna menjadi daya saing antar daerah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/151250

Actions (login required)

View Item View Item