Pengaruh dau, dak, dbh, fdi, dan tenaga kerja terhadap ketimpangan pendapatan di indonesia / Fidelis Dwi Putra Santoso - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh dau, dak, dbh, fdi, dan tenaga kerja terhadap ketimpangan pendapatan di indonesia / Fidelis Dwi Putra Santoso

Santoso, Fidelis Dwi Putra Santoso (0000) Pengaruh dau, dak, dbh, fdi, dan tenaga kerja terhadap ketimpangan pendapatan di indonesia / Fidelis Dwi Putra Santoso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembangunan haruslah dipandang sebagai proses peningkatan pertumbuhan ekonomi yang disertai dengan pengurangan ketimpangan serta penanggulangan kemiskinan. Di Indonesia pada rentang 2010-2019 terjadi peningkatan angka ketimpangan pendapatan dimana pada tahun 2010 angka Indeks Gini Indonesia adalah sebesar 0.378 kemudian meningkat di tahun 2019 menjadi 0.38. Padahal angka pertumbuhan ekonomi yang ditandai dengan PDRB per kapita justru meningkat tiap tahun. Ini artinya proses pembangunan yang dilakukan oleh Indonesia masih belum maksimal sehingga perlu adanya penelitian lebih lanjut mengenai permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh desentralisasi fiskal (DAU DAK DBH) foreign direct investment (FDI) dan tenaga kerja (TPAK) terhadap ketimpangan pendapatan di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data panel yaitu gambungan data time series dan cross section. Adapun dalam penelitian ini menggunakan data dari 31 provinsi di Indonesia yang dikelompokkan menjadi 6 klaster berdasarkan lokasi daerah tersebut pada tahun 2010-2019. Metode analisis yang digunakan yaitu regresi data panel melalui aplikasi Eviews 10 untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel-variabel bebas terhadap variabel terikat. Setelah melakukan olah data diperoleh hasi DAU berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap ketimpangan pendapatan di Indonesia DAK berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ketimpangan pendapatan di Indonesia DBH berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap ketimpangan pendapatan di Indonesia FDI berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap ketimpangan pendapatan di Indonesia TPAK berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ketimpangan pendapatan di Indonesia. Dalam penelitian ini penulis memberikan saran agar pemerintah Indonesia sebaiknya melakukan peningkatan alokasi anggaran DAK pada tiap-tiap provinsi di Indonesia sehingga mampu meningkatkan pemerataan pembangunan serta mampu mengurangi ketimpangan pendapatan. Adapun cara lain bisa dilakukan dengan cara peningkatan efektivitas penyerapan tenaga kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 0000 04:29
Last Modified: 09 Sep 0000 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/151244

Actions (login required)

View Item View Item