Analisis faktor- faktor yang mempengaruhi produksi dan pendapatan pengrajin sandal saat pandemi / Fidha Shafira - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis faktor- faktor yang mempengaruhi produksi dan pendapatan pengrajin sandal saat pandemi / Fidha Shafira

Shafira, Fidha Shafira (0000) Analisis faktor- faktor yang mempengaruhi produksi dan pendapatan pengrajin sandal saat pandemi / Fidha Shafira. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh modal tenaga kerja dan lama usaha terhadap produksi dan pendapatan pengrajin sandal spon saat pandemi di sentra industri kerajinan sandal spons Desa Toyomarto Kabupaten Malang. Dipilihnya lokasi tersebut berdasarkan fakta bahwa di Desa Toyomarto terdapat sentra industri kerajinan sandal spons yang terdiri dari 40 unit usaha kerajinan sandal spons yang menyerap lebih dari 400 tenaga kerja sehingga banyak penduduk yang menggantungkan hidupnya di sentra industri kerajinan sandal spons Toyomarto. Pada masa pandemi Kecamatan Singosari termasuk dalam 3 kecamatan zona merah di Kabupaten Malang sehingga seluruh unit di sentra industri kerajinan sandal spons mengalami penurunan permintaan yang menyebabkan penurunan hasil produksi dan pendapatan pengrajin sandal spons. Pada penelitian ini variabel yang digunakan yaitu variabel independen variabel intervening dan variabel dependen. Variabel penelitian terdiri dari modal tenaga kerja dan lama usaha produksi sebagai variabel intervening dan pendapatan sebagai variabel dependen. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui wawancara serta data sekunder yang berasal dari publikasi online pemerintah Kabupaten Malang dan Kecamatan Singosari. Jumlah sampel yang digunakan adalah 36 unit industri yang ditentukan dengan rumus pengambilan sampel Slovin. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur dengan 2 model yaitu model 1 untuk mengetahui pengaruh modal tenaga kerja dan lama usaha terhadap produksi sedangkan model 2 untuk mengetahui pengaruh modal tenaga kerja lama usaha dan produksi terhadap pendapatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel modal tenaga kerja lama usaha dan produksi berpengaruh secara signifikan terhadap pendapatan sedangkan secara parsial menunjukkan bahwa pada model analisis jalur 1 variabel modal memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap produksi tenaga kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap produksi lama usaha berpengaruh negatif dan signifikan terhadap produksi. Pada model analisis jalur 2 variabel modal memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan tenaga kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan lama usaha berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pendapatan produksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pengrajin sandal spons di sentra industri sandal spons Desa Toyomarto saat pandemi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Sep 0000 04:29
Last Modified: 09 Sep 0000 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/151241

Actions (login required)

View Item View Item