Penerapan pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan minat siswa terhadap matematika / Dwi Sujarwanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan minat siswa terhadap matematika / Dwi Sujarwanto

Dwi Sujarwanto (2009) Penerapan pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan minat siswa terhadap matematika / Dwi Sujarwanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran melalui pembelajaran matematika realistik yang dapat meningkatkan minat siswa terhadap matematika pada materi persamaan linear satu variabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VII MTs Persiapan Negeri Batu. Subjek wawancara ada 3 siswa diambil kuartil dari nilai ujian tengah semester siswa dan saran dari guru matematika yang lebih mengetahui kondisi siswa. Pembelajaran matematika realistik yang dapat meningkatkan minat siswa terhadap matematika pada materi persamaan linear satu variabel terdiri atas tiga tahap berikut. (a) siswa pada tahap awal mendengarkan penjelasan tujuan pembelajaran dan motivasi yang disampaikan guru. Guru mencontohkan manfaat materi persamaan linear satu variabel dalam kehidupan sehari-hari. Siswa sudah mulai memahami manfaat materi persamaan linear satu variabel pada tahap ini. (b) pada tahap inti (1) siswa mulai memahami masalah realistik yaitu masalah yang berhubungan dengan dunia nyata. Siswa pada tahap ini masih mengalami kesulitan dalam menerjemahkan soal cerita ke dalam bahasa matematika. (2) setelah siswa memahami masalah realistik pada LKS kemudian siswa berdiskusi dengan kelompok masing-masing (3) Siswa membuat kesimpulan dari kegiatan selama pembelajaran. (c) siswa pada tahap akhir diberi tes akhir pembelajaran sebagai bahan evaluasi tahap selanjutnya. Pembelajaran persamaan linear satu variabel melalui pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan minat pada siswa. Hal ini dapat dilihat dari lembar observasi minat mengalami peningkatan persentase hasil observasi awal dengan siklus I sebanyak 30 91% siklus I dengan siklus II sebanyak 7 27% dan observasi awal dengan siklus II sebanyak 38 19%. Hasil angket juga mengalami peingkatan rata-rata dari hasil angket sebelum tindakan dengan hasil angket sesudah tindakan sebanyak 0 3. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti menyarankan sebaiknya pembelajaran matematika realistik dijadikan alternatif yang perlu dipertimbangkan dalam pembelajaran. Hal ini karena pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan minat siswa terhadap matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15121

Actions (login required)

View Item View Item