Indah Sarna Alfarida (2009) Problematika yang dihadapi guru mata pelajaran matematika SMP negeri di Kota Batu dalam implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan dan alternatif pemecahannya / Indah Sarna Alfarida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
KTSP merupakan kurikulum penyempurna dari KBK yang dikembangkan oleh sekolah berdasarkan otonomi yang diberikan Dinas Pendidikan Nasional. Pelaksanaan KTSP baru memasuki tahap pertama oleh karena itu tidak menutup kemungkinan para guru matematika masih banyak mengalami problematika dalam melaksanakan KTSP. Problematika tersebut perlu diketahui agar mendapatkan alternatif pemecahannya. Sehingga penyelenggaraan pendidikan dapat berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti pada SMP Negeri di Kota Batu dalam menyusun dan mengembangkan silabus 59 26% guru menyatakan mengalami kesulitan dan 40 74% menyatakan tidak mengalami kesulitan. Dalam menyusun dan mengembangkan RPP guru mata pelajaran Matematika SMP Negeri di Kota Batu sebanyak 51 85% guru menyatakan kesulitan dan sisanya 48 15% menyatakan tidak mengalami kesulitan. Dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar guru mata pelajaran Matematika SMP Negeri di Kota Batu sebanyak 59 28% guru menyatakan kesulitan dan sisanya 40 74% menyatakan tidak mengalami kesulitan. Dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran sebanyak 74 07% guru mata pelajaran matematika SMP Negeri di kota Batu menyatakan kesulitan dan sisanya 25 93% menyatakan tidak mengalami kesulitan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi guru hendaknya lebih meningkatkan pemahaman tentang KTSP. Untuk meningkatkan pemahaman tentang KTSP bisa dilakukan dengan cara aktif mengikuti organisasi musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) dan kelompok kerja guru (KKG) di setiap daerah membentuk diskusi terbimbing di bawah bimbingan kepala sekolah mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang KTSP baik dari media cetak maupun elektronik untuk memperkaya wawasan sebagai bahan pertimbangan dalam memecahkan segala problematika yang dihadapi guru dalam Implementasi KTSP.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jan 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15117 |
Actions (login required)
View Item |