Ubin aljabar interaktif materi persamaan linier satu peubah untuk SMP kelas VII semester I / Ika Pandu Sugiarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Ubin aljabar interaktif materi persamaan linier satu peubah untuk SMP kelas VII semester I / Ika Pandu Sugiarti

Ika Pandu Sugiarti (2009) Ubin aljabar interaktif materi persamaan linier satu peubah untuk SMP kelas VII semester I / Ika Pandu Sugiarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peningkatan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya di bidang pendidikan sangat diperlukan Bangsa Indonesia untuk dapat mengejar ketertinggalan dari negara tetangga. Indonesia menurut data Human Development Index UNDP tahun 2006 kualitas pendidikannya ditempatkan pada posisi 108 dari 117 Negara di Dunia. Salah satu aspek yang dapat mendukung peningkatan pendidikan yaitu pemanfaatan teknologi. Kini sekolah berlomba-lomba meningkatkan mutu pendidikannya dengan mengirimkan para guru ke seminar-seminar pendidikan dan melengkapi fasilitas pendukung seperti komputer dan OHP untuk media pembelajaran. Media pembelajaran sangat diperlukan dalam proses pembelajaran karena selain dapat memotivasi siswa untuk belajar juga dapat memudahkan siswa dalam menerima pelajaran. Penyusun mencoba mengembangkan media pembelajaran berbasis komputer dengan materi Persamaan Linier Satu Peubah untuk SMP kelas VII semester 1. Agar pemahaman siswa lebih mudah dan tertarik dengan materi yang disampaikan penyusun memanfaatkan ubin aljabar dalam menjelaskan materi aljabar tersebut. Media Pembelajaran ini dibuat dengan menggunakan program animasi yaitu Macromedia Flash Professional 8. Media ini disusun untuk pembelajaran individu. Siswa akan lebih mudah menggunakannya sendiri tanpa bimbingan guru karena di dalamnya siswa dapat berinteraksi dengan komputer. Misalnya siswa dapat kembali ke materi yang belum dimengerti atau langsung menuju ke materi selanjutnya. Hasil Media Pembelajaran berupa CD Media Pembelajaran yang dilengkapi dengan file autorun sehingga dapat langsung tampil pada layar setelah pengguna memasukkan CD pada CD ROM. Materi Media pembelajaran disajikan dalam 3 bagian yaitu definisi istilah demo materi dan latihan soal. Evaluasi Media pembelajaran disajikan pula dalam 3 aspek yaitu pemahaman konsep penalaran dan komunikasi dan pemecahan masalah. Hasil evaluasi dan analisis media pembelajaran berbantuan komputer yaitu diperoleh kesimpulan bahwa keseluruhan semua evaluator/responden bersikap positif terhadap media ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15106

Actions (login required)

View Item View Item