Penerapan penilaian portofolio untuk meningkatkan pemahaman konsep gradien garis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jombang / Fajar Setya Pramesti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan penilaian portofolio untuk meningkatkan pemahaman konsep gradien garis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jombang / Fajar Setya Pramesti

Fajar Setya Pramesti (2009) Penerapan penilaian portofolio untuk meningkatkan pemahaman konsep gradien garis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jombang / Fajar Setya Pramesti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penilaian merupakan suatu proses untuk mengetahui tingkat keberhasilan dan efisiensi suatu pembelajaran. Penilaian merupakan bagian terpadu dari pembelajaran bukan proses akhir dari pembelajaran. Agar penilaian menjadi bagian terpadu dari pembelajaran salah satunya melalui penilaian portofolio. Penerapan penilaian portofolio dalam pembelajaran didahului dengan pengenalan portofolio kepada siswa kemudian langkah-langkah yang dilakukan guru dalam menerapkan penilaian portofolio dalam pembelajaran serta nilai portofolio yang diperoleh siswa berdasarkan format penilaian. Penilaian portofolio difokuskan pada peningkatan pemahaman konsep siswa. Rancangan portofolio yang diterapkan adalah (1) jurnal belajar siswa (2) rangkuman materi (3) jawaban pekerjaan rumah (4) jawaban tugas-tugas (tugas menulis dan kelompok) (5) refleksi akhir pembelajaran dan (6) piagam penghargaan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menerapkan penilaian portofolio dalam pembelajaran matematika siswa kelas VIII-E dan (2) mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa melalui penerapan penilaian portofolio. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang disusun melalui rencana tindakan dengan dua siklus. Berdasarkan penelitian diperoleh bahwa (1) guru harus selalu memberikan bimbingan perhatian dan motivasi kepada siswa (2) aktivitas siswa meningkat yaitu dari 73.13 menjadi 80.42 (3) pemahaman konsep siswa meningkat yaitu dari 76.4 menjadi 81.2. Penelitian ini menyarankan dalam pelaksanaan penilaian portofolio sebaiknya guru mempunyai (1) perencanaan yang baik dan (2) kesepakatan dengan siswa dalam menentukan tugas-tugas yang akan dikumpulkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15103

Actions (login required)

View Item View Item