Korelasi antara kemampuan penalaran formal dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Plandaan Jombang tahun ajaran 2006/2007 / Hena Anisanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Korelasi antara kemampuan penalaran formal dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Plandaan Jombang tahun ajaran 2006/2007 / Hena Anisanti

Hena Anisanti (2009) Korelasi antara kemampuan penalaran formal dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Plandaan Jombang tahun ajaran 2006/2007 / Hena Anisanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan batasan usia fisik dalam teori perkembangan intelektual Piaget siswa Sekolah Menengah sudah berada pada tingkat penalaran formal. Menurut Jean Piaget anak usia 11 tahun ke atas sudah berada pada tingkat berfikir penalaran formal. Penalaran formal merupakan faktor penting yang berpengaruh dalam proses belajar mengajar matematika yang diperlukan untuk mempelajari dan menguasai konsep-konsep matematika. Kemampuan penalaran formal yang tinggi dapat mempermudah dalam mempelajari dan menguasai konsep-konsep matematika sehingga memungkinkan tercapainya prestasi belajar matematika yang tinggi pula. Oleh karena itu peneliti mengangkat permasalahan Adakah hubungan yang signifikan antara kemampuan penalaran formal dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Plandaan Jombang. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui ada tidaknya hubungan antara kemampuan penalaran formal dengan prestasi belajar matematika. 2). Mengetahui seberapa besar hubungan kemampuan penalaran formal dengan prestasi belajar matematika jika memang ada hubungannya. Dari perhitungan analisis uji hipotesis diperoleh t hitung 2 004 dengan menggunakan maka t tabel adalah 1 645. Ini berarti t hitung t tabel Sehingga dapat disimpulkan bahwa menolak Ho. Berdasarkan hasil analisis yang telah dipaparkan di atas dapat diambil kesimpulan sebagai berikut 1). Ada hubungan positif yang signifikan antara kemampuan penalaran formal dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Plandaan Jombang Tahun Ajaran 2006/2007. 2). Sumbangan variabel kemampuan penalaran formal terhadap prestasi belajar matematika sebesar 35% untuk kelas VIII-a dan kelas VIII-c dengan taraf kepercayaan 5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15102

Actions (login required)

View Item View Item