Penerapan asesmen portofolio dalam pembelajaran matematika siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Malang / Erni Kustini - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan asesmen portofolio dalam pembelajaran matematika siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Malang / Erni Kustini

Erni Kustini (2009) Penerapan asesmen portofolio dalam pembelajaran matematika siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Malang / Erni Kustini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu upaya peningkatkan mutu pendidikan di sekolah adalah peningkatan kualitas penilaian hasil belajar siswa. Asesmen portofolio merupakan salah satu bentuk penilaian berbasis kelas. Konsekuensi penerapan penilaian portofolio ini guru melakukan penilaian hasil belajar siswa per individu secara berkesinambungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan asesmen portofolio dalam pembelajaran matematika siswa kelas XI IPS 4 sebagai salah satu bentuk penilaian berbasis kelas. Materi dalam penelitian ini adalah Turunan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dari hasil penelitian ini dideskripsikan langkah-langkah yang dilakukan guru dalam menerapkan asesmen portofolio dalam pembelajaran serta dideskripsikan pula nilai portofolio yang diperoleh siswa berdasarkan format penilaian. Penerapan asesmen portofolio dalam pembelajaran didahului dengan pengenalan portofolio kepada siswa. Penilaian portofolio difokuskan pada minat belajar dan hasil belajar siswa. Penilaian portofolio ini dapat menumbuhkan minat belajar siswa. Hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai kuis dan nilai ulangan harian. Rancangan portofolio yang diterapkan adalah 1) jurnal belajar siswa 2) rangkuman materi 3) pekerjaan rumah 4) latihan soal 5) kuis 6) ulangan harian dan 7) refleksi akhir pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian disaranka bahwa (1) pada awal penerapan asesmen portofolio senantiasa guru memberikan bimbingan perhatian dan motivasi kepada siswa dalam menyusun portofolio (2) untuk mengatasi salah satu kelemahan penilaian portofolio yang cenderung time consuming disarankan agar menggunakan format penilaian rubrik skoring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15101

Actions (login required)

View Item View Item