Penerapan jurnal belajar untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa SMP Islam Diponegoro Malang / Verawati Puji Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan jurnal belajar untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa SMP Islam Diponegoro Malang / Verawati Puji Rahayu

Verawati Puji Rahayu (2009) Penerapan jurnal belajar untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa SMP Islam Diponegoro Malang / Verawati Puji Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti pada proses pembelajaran matematika di kelas VIIIb SMP Islam Diponegoro Malang diketahui bahwa di kelas ini siswa kurang menyukai pembelajaran matematika hal ini terlihat dari antusias siswa untuk bertanya dan mengungkapkan pendapat kurang siswa bersifat pasif siswa kurang terbuka terhadap gurunya. Sehingga siswa kurang termotivasi dalam belajarnya yang berpengaruh terhadap hasil belajarnya. Oleh karena itu perlu suatu pendekatan pembelajaran yang tetap menunjukkan kelebihan-kelebihan yang siswa miliki dan mengurangi kelemahan yang siswa miliki. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan menerapkan jurnal belajar. Jurnal belajar dapat dimanfaatkan siswa sebagai alat komunikasi dengan guru dimana siswa akan merasa lebih dekat dengan guru. Demikian juga guru akan lebih memahami kebutuhan belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus belajar. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIb SMP Islam Diponegoro Malang semester I tahun pelajaran 2006/ 2007 yang berjumlah 39 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui soal-soal pre tes dan soal tes formatif jurnal belajar hasil belajar siswa dan angket siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan jurnal belajar dinilai kurang berhasil hal ini bisa dilihat dari masih kurangnya pemanfaatan jurnal belajar oleh siswa. Namun penerapan jurnal belajar cukup meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya hasil belajar siswa yang diperoleh dengan melihat rata-rata nilai tes siswa dari 40 18 pada siklus 1 menjadi 63 08 pada siklus 2. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah penerapan jurnal belajar siswa kelas VIIIb SMP Islam Diponegoro Malang kurang berhasil. Selain itu penerapan jurnal belajar cukup meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIIIb SMP Islam Diponegoro Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15097

Actions (login required)

View Item View Item