Efektivitas pembelajaran matematika dengan pendekatan problem posing pada pokok bahasan lingkaran siswa kelas VIII-A SMP Negeri 18 Malang / Deski Diana - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pembelajaran matematika dengan pendekatan problem posing pada pokok bahasan lingkaran siswa kelas VIII-A SMP Negeri 18 Malang / Deski Diana

Deski Diana (2010) Efektivitas pembelajaran matematika dengan pendekatan problem posing pada pokok bahasan lingkaran siswa kelas VIII-A SMP Negeri 18 Malang / Deski Diana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Diana Deski. 2007. Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Posing pada Pokok Bahasan Lingkaran Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 18 Malang. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Soebari M.Pd (II) Dra. Etty Tedjo D.C M.Pd Kata kunci Efektivitas pembelajaran problem posing Pada setiap kegiatan pendidikan formal mulai SD SMP SMA pelajaran matematika selalu diajarkan. Namun kenyataannya matematika merupakan mata pelajaran yang siswa dianggap sulit oleh sebagian besar siswa. Salah satu penyebab matematika dianggap sulit karena metode pembelajaran matematika yang digunakan lebih mengutamakan pada hafalan daripada pengertian sehingga pemahaman konsep oleh siswa kurang. Salah satu penyebab pembelajaran matematika yang digunakan lebih mengutamakan pada hafalan daripada pengertian adalah kebanyakan dalam pembelajaran matematika guru menggunakan metode ceramah sehingga siswa menjadi pasif. Pakar pendidikan matematika menyarankan untuk mengaktifkan siswa dalam belajar matematika salah satu upayanya agar pembelajaran matematika lebih menekankan pada pengembangan siswa dalam pembentukan soal (problem posing) selain menyelesaikan soal. Menurut Dewan Guru Matematika Amerika Serikat problem posing merupakan inti dalam kegiatan matematika. Oleh karena itu siswa perlu diberi kesempatan untuk membentuk soal dan menyelesaikannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika dengan pendekatan problem posing. Efektivitas pembelajaran di sini dilihat dari ketuntasan belajar siswa dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan problem posing. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 18 Malang kelas VIII-A dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami ketuntasan belajar untuk setiap komponen soal yang diberikan pada tes harian I dan tes harian II dan siswa juga memberikan respon positif terhadap pembelajaran dengan pendekatan problem posing. Ada tiga komponen soal pada tes harian yaitu soal pemahaman konsep soal penalaran dan komunikasi serta soal pemecahan masalah. Respon positif juga didukung oleh keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas. Akan tetapi siswa merasa bosan jika pembelajaran untuk materi lain juga dilaksanakan dengan problem posing. Berdasarkan penelitian ini disarankan kepada guru bahwa pembelajaran dengan pendekatan problem posing dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran matematika karena mampu membuat siswa aktif dalam belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15096

Actions (login required)

View Item View Item