Pembelajaran lingkaran dengan pendekatan realistik untuk meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas siswa kelas VIII MTsN Jambewangi Selopuro Blitar / Erfin Mu'adibah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran lingkaran dengan pendekatan realistik untuk meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas siswa kelas VIII MTsN Jambewangi Selopuro Blitar / Erfin Mu'adibah

Erfin Mu'adibah (2010) Pembelajaran lingkaran dengan pendekatan realistik untuk meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas siswa kelas VIII MTsN Jambewangi Selopuro Blitar / Erfin Mu'adibah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara dengan guru matematika kelas VIII-E MTsN Jambewangi Selopuro Blitar diperoleh informasi bahwa siswa kesulitan dalam memahami materi lingkaran. Selama ini dalam pelaksanaannya guru menerapkan pembelajaran konvensional. Siswa pasif pada saat pembelajaran berlangsung dan sedikit sekali aktivitas yang dilakukan. Oleh karena itu diperlukan adanya inovasi pembelajaran. Inovasi pembelajaran dilakukan dengan pendekatan realistik. Dengan pendekatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas siswa dalam pembelajaran lingkaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 3 tindakan masing-masing terdiri dari satu siklus. Setiap akhir tindakan dilakukan wawancara untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi. Subjek wawancara adalah 4 siswa yang terdiri dari 1 siswa berkemampuan tinggi 2 siswa berkemampuan sedang dan 1 siswa berkemampuan rendah. Pemilihan subjek wawancara ini berdasarkan hasil nilai ulangan pada materi sebelumnya dan dari hasil pertimbangan guru matematika. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui tes wawancara observasi langsung catatan lapangan angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data untuk data berupa bilangan dianalisis dengan menggunakan analisis prosentase sedangkan untuk data kualitatif dianalisis sesuai dengan model Milles dan Huberman yang meliputi 3 tahap yaitu (1) reduksi data (2) menyajikan data dan (3) menarik kesimpulan. Pembelajaran realistik yang dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman siswa pada materi lingkaran ini terdiri dari 3 tahap yaitu tahap awal inti dan tahap akhir. Pada tahap inti dibagi menjadi 4 langkah yang sesuai dengan prinsip dan karakteristik dari matematika realistik yaitu (1)memahami masalah kontekstual (2) mendeskripsikan dan menyelesaikan masalah kontekstual (3) membandingkan dan mendiskusikan hasil temuan dan (4) menyimpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan pemahaman konsep siswa dengan diterapkannya pembelajaran matematika realistik. Peningkatan aktivitas dilihat dari analisis hasil pengamatan dan catatan lapangan selama proses pembelajaran dan diperoleh hasil bahwa aktivitas siswa semakin meningkat dan semakin optimal sesuai dengan rencana. Selain aktivitas peningkatan pemahaman juga dapat dilihat dari prosentase ketuntasan belajar siswa rata-rata kelas hasil wawancara dan juga catatan lapangan pada masing-masing tindakan. Respon siswa terhadap pembelajaran realistik pada materi lingkaran dalam penelitian ini sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis angket respon siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15093

Actions (login required)

View Item View Item