Persepsi stakeholders terhadap keberadaan SLTP Alternatif Qaryah Thayyibah Desa Kalibening Kec. Tingkir Salatiga Jawa Tengah / Arnila Rahmatul Mu'minin - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi stakeholders terhadap keberadaan SLTP Alternatif Qaryah Thayyibah Desa Kalibening Kec. Tingkir Salatiga Jawa Tengah / Arnila Rahmatul Mu'minin

Arnila Rahmatul Mu'minin (2009) Persepsi stakeholders terhadap keberadaan SLTP Alternatif Qaryah Thayyibah Desa Kalibening Kec. Tingkir Salatiga Jawa Tengah / Arnila Rahmatul Mu'minin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dewasa ini Indonesia mengalami tantangan yang semakin berat salah satunya adalah bidang pendidikan. Masalah-masalah pendidikan di Indonesia meliputi masalah pemerataan pendidikan mutu pendidikan efisiensi pendidikan dan relevansi pendidikan. Pendidikan Luar Sekolah hadir untuk membantu menyelesaikan masalah pendidikan di Indonesia. SLTP Alternatif Qaryah Thayyibah yang merupakan model layanan pendidikan dasar adalah salah satu bentuk lain dari Paket B yang memberikan alternatif jawaban. Stakeholders memegang peranan penting terhadap keberlangsungan SLTP QT sampai saat ini. Stakeholder mendukung keberadaan SLTP QT karena mempunyai persamaan persepsi. Mengingat pentingnya persepsi stakeholders terhadap keberadaan sekitar SLTP QT maka perlu diadakannya suatu penelitian dengan tujuan untuk memperoleh deskripsi tentang persepsi stakeholder terhadap keberadaan SLTP Alternatif Qaryah Thayyibah Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dirancang dalam bentuk deskriptif kualitatif. Metode penggalian data yang digunakan adalah teknik wawancara observasi partisipatif dan studi dokumentasi. Teknik analisa yang digunakan adalah reduksi data display data dan penarikan kesimpulan.Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan kriteria credibility dan dependability. Hasil temuan penelitian ini meliputi pesepsi dari 5 stakeholder yang ada di SLTP Alternatif QT antara lain (1) pengelola SLTP QT adalah salah satu bentuk pendidikan yang menolak sistem sekolah hal ini dikarenakan pengelola merasa kecewa dengan pendidikan di Indonesia. Pendidikan diidentikkan dengan sekolah. Pendidikan di Indonesia menerapkan pembelajaran yang tidak berdasarkan pada kebutuhan warga (2) warga belajar warga belajar amat menyukai SLTP QT karena guru-guru di SLTP QT yang berperilaku layaknya teman akrab dan membaur menjadi satu dengan warga belajar. Tanpa adanya sikap sewenang-wenang karena kedudukannya. Situasi yang menyenangkan dan pemberian fasilitas dan penghargaan tersendiri oleh pihak sekolah atas karya yang dihasilkan oleh Warga Belajar memberikan pengaruh positif atas perkembangan diri warga belajar (3) guru SLTP QT memberikan kemajuan yang sangat baik atas perkembangan baik nisiatif tanggung jawab kepercayaan diri dan kemandirian yang tidak didapatkan di sekolah formal (4) orang tua warga belajar masyarakat menganggap SLTP QT adalah salah satu solusi bagi pendidikan anak-anaknya yang berada di lingkungan sekitar rumah. SLTP QT banyak memberikan manfaat bagi kemajuan pendidikan masyarakat Desa Kalibening karena biaya pendidikannya yang terjangkau. Hanya saja persepsi beberapa orang tua warga belajar terhadap SLTP QT sedikit berubah menjadi negatif akibat diubahnya status sekolah dari SMP Terbuka menjadi Paket B serta kurang seriusnya pihak SLTP QT untuk mengikutsertakan warga belajarnya dalam UAN untuk memperoleh ijazah (5) tokoh masyarakat setempat terhadap keberadaan SLTP QT tetap membutuhkan formalitas sebagai pengakuan atas pendidikan yang telah dijalankan. Ijazah tetap dibutuhkan agar warga belajar SLTP QT dapat meraih apa yang diinginkan. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini saran berikutnya adalah (1) bagi SLTP QT agar SLTP QT untuk lebih lebih mensosialisakan program-program sekolah kepada stakeholders terutama orang tua termasuk sosialisasi bahwa Paket B adalah setara dengan SMP dan ujian kesetaraan nilainya setara dengan UAN (2) bagi Jurusan PLS agar pengkajian agar pengkajian terhadap bagaimana tanggapan dan penghargaan masyarakat tentang Paket B di perdalam (3) bagi Dirjen Pendidilkan Luar Sekolah lebih mensosialisakan tentang Paket B. Agar persepsi masyarakat terbangun bahwa Paket B adalah pendidikan yang setara dengan SMP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15092

Actions (login required)

View Item View Item